• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN PAKET C PKBM BANGKIT MANDIRI KABUPATEN KUNINGAN DI TAHUN PERTAMA BERDIRI | Kinasih | Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

    PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN PAKET C PKBM BANGKIT MANDIRI KABUPATEN KUNINGAN DI TAHUN PERTAMA BERDIRI

    Sri Kinasih, Safuri Musa, Nia Hoerniasih

    Abstract


    Dilatarbelakangi oleh keunggulan PKBM Bangkit Mandiri dalam mengorganisasikan sumber belajar dan sarana prasarana pembelajaran di tahun pertama berdirinya. Penelitian ini membahas mengenai pengorganisasian pembelajaran paket C di PKBM Bangkit Mandiri yang dilakukan terhadap 4 aspek yaitu: 1) Pengorganisasian sumber belajar, 2) Pengorganisasian sarana prasarana pembelajaran, 3) Pengorganisasian warga belajar, dan 4) Pengorganisasian bahan ajar. Penelitian ini dilakukan di PKBM Bangkit Mandiri, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan peneliti sebagai instrumen kunci, dan informan dipilih secara purposive. Informan berjumlah lima orang, terdiri dari satu orang pengelola, dua orang tutor, dan dua orang warga belajar. Pengumpulan data dan analisis data dilakukan secara triangulasi melalui metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui tahapan reduksi data, display data, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengorganisasian sumber belajar, sarana prasarana, dan bahan ajar telah cukup baik. Hanya saja pengorganisasian warga belajar masih kurang efektif  karena warga belajar tidak dikelompokkan berdasarkan tingkatan kelasnya. Oleh karena itu, pengelompokan warga belajar berdasarkan tingkatan kelasnya sangat direkomendasikan agar kegiatan pembelajaran lebih tepat guna.

    Keywords


    Pengorganisasian pembelajaran, Pendidikan Nonformal, Paket C

    Full Text:

    PDF

    References


    Achmad, I. A., & Emirati. (2021). Penyelenggaraan Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C di PKBM Merah Putih Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 8(2), 117–129. Alatas, U. H., Syukurman, M., & Utami, S. (2022). Proses Pembelajaran Paket A di Masa Pandemi Covid-19 di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Merangin. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 9(1), 60–68. Badan Pusat Statistik. (2021). [Metode Baru] Rata-rata Lama Sekolah Tahun 20202021. Dai, D. Y. (2020). Rethinking Human Potential From a Talent Development Perspective. Journal for the Education of the Gifted, 43(1), 19–37. https://doi.org/10.1177/0162353219897850 Deriansyah, W., Musa, S., & Sutardjo. (2021). Pembelajaran Online di SKB Bekasi. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 8(2), 177–189. Hasibuan, M. S. P. (2014). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi Aksara. Hoerniasih, N. (2017). Pengelolaan Program Taman Penitipan Anak Plamboyan 3 di Kabupaten Karawang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.15294/pls.v1i1.15142 Idris, R., & Lestari, E. (2017). Pengaruh Pengorganisasian Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di SD Inpres Bangkala II Kota Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(1), 18–30. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1a2 Katni. (2016). Development of Human Potential Through Education by Ibnu Sina. Education Trends for Future Society, 6, 75–90. Muhlis, M., MA, H., & Tahir, M. (2020). Manajemen Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Amanah Ummat Makassar. KIMAP (Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik), 1(1), 43–58. file:///C:/Users/a/Downloads/3717-12249-1-PB.pdf Musa, S. (2015). Strategi Implementasi Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Keaksaraan. Damar Jayagiri, VII, 81–84. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebdayaan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2017 Tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, SMK, atau Bentuk Lain yang Sederajat, (2017). https://kemdikbud.go.id Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 3 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, Program Paket B, dan Program Paket C, (2008). https://jdih.kemdikbud.go.id Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a Puspito, G. W., Swandari, T., & Rokhman, M. (2021). Manajemen Strategi

    Pengembangan Pendidikan Non Formal. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 85–98. https://doi.org/https://doi.org/10.31538 Rahmawati, A. D. (2018). Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Bahasa Arab Di Pare Kediri. Arabi : Journal of Arabic Studies, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i1.71 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Pustaka Baru Press. Sutisna, A., Retnowati, E., & Tijari, A. (2020). Model Pembelajaran Seumur Hidup Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pemberdayaan Perempuan Pedesaan Pada PKBM. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 7(1), 46–57. https://doi.org/10.36706/jppm.v7i1.9946 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003). https://pusdiklat.perpusnas.go.id/ Utomo, I. M., & Nurrizalia, M. (2022). Perencanaan Pembelajaran Menggunakan Media Aplikasi SeTARA Daring pada Program Paket C di SPNF SKB Kota Metro. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 9(1), 82–91. Wahyuni, S. (2016). Pengorganisasian Program Pembelajaran Paket C “Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Pontianak” di Kecamatan Pontianak Barat Kota Pontianak. Jurnal S-1 Ilmu Administrasi Negara, 5(1), 1–13. Yamin, M., Tobari, & Missriani. (2020). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD IT Kautsar Ilmi Tanjung Raja. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 139–148. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5585 Yuliandoni, D., & Pamungkas, A. H. (2022). The Description Of The Management Of Kurnia Computer Course And Training Institutions In The Pancung Soal District Pesisir Selatan Regency. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 281–289. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i2.115024 Yulianti. (2021, August 6). Kuningan Genjot Target Indeks Pendidikan Melalui PKBM. RRI.Co.Id. https://m.rri.co.id/cirebon/ciayumajakuning/kab-kuningan/




    DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v9i2.18050

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

    Diterbitkan oleh:
    Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
    Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

    Indexed in:

          

      View My Stats

    Flag Counter

    View My Stats