• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • PENGELOLAAN PKBM TIM SUARA MASYARAKAT DAWUAN DALAM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN | Sari | Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

    PENGELOLAAN PKBM TIM SUARA MASYARAKAT DAWUAN DALAM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN

    Nofita Sari, Dadang Danugiri, Tika Santika

    Abstract


    Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dalam program pendidikan kesetaraan bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Tim Suara Masyarakat Dawuan dalam program pendidikan kesetaraan yang berlokasi di Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari tiga subjek yaitu pengelola, kepala akademik, dan tutor. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengelolaan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Tim Suara Masyarakat Dawuan memiliki tahapan perencanaan yang dipersiapkan dengan baik dan melibatkan semua pihak yang terlibat langsung dalam kegiatan pendidikan meliputi kajian dan deskripsi tentang kebutuhan dan masalah yang dihadapi, tujuan yang diharapkan serta lingkup kegiatan dalam melaksanakan program pendidikan kesetaraan. Pengorganisasian tersusun dengan baik dan jadwal yang di berikan fleksibel berdasarkan kondisi warga belajar. Motivasi yang diberikan kepada seluruh komponen diberikan secara berkala dan sesuai kondisi. Pembinaan dilaksanakan rutin setiap tahun melalui kegiatan supervisi akademik dengan menggunakan model pendekatan supervisi klinis. Evaluasi diselenggarakan dengan baik dan dijalankan secara rutin yaitu meliputi ujian modul dan ujian pendidikan kesetaraan yang diadakan dalam agenda kegiatan rapat bulanan serta tahunan yang di dalamnya membahas mengenai analisis SWOT.

    Keywords


    Pengelolaan, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Pendidikan Kesetaraan

    Full Text:

    PDF

    References


    Amalia, P., Studi, P., Pendidikan, M., Islam, J. K., Ilmu, F., & Dan, T. (2010). Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu ( Sdit ) Darul Muttaqien.

    Ambarita, Alben. (2016). Manajemen Sekolah (edisi ke-1). Yogyakarta: Media Akademi. hal 5

    Ambarrukmi, S., Santosa, H., Nusyirwan, Triatna, C., & Prayitno, W. (2019). Bahan Ajar Pengantar Supervisi Akademik. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, 156–159. https://gtk.kemdikbud.go.id/kemitraan/front/img/unduhan/Pengantar_Supervisi_Akademik.pdf

    Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. (2019). Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. hal 46.

    Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. PP-PAUD dan DIKMAS Jawa Barat. (2018). Pengelolaan Program Pendidikan Masyarakat.

    Ismaya, Bambang. (2019). Pengelolaan Pendidikan (edisi ke-2). Bandung: PT Refika Aditama.

    Mulyono, S. E. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Paket C Di Pkbm Bangkit Kota Semarang. Manajemen Pembelajaran Program Paket C Di Pkbm Bangkit Kota Semarang, 3(1), 60–71. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8915

    Rahmat, A., & Gorontalo, D. K. (2016). Artikel Disertasi RAHMAT Visi REVISI 28-05-2014.

    Restu Handayani. (2017). Pengelolaan Program Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Citra Ilmu. Pengelolaan Program Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C, 1(1), 26–61.

    Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D) (edisi ke-25). Bandung: Alfabeta.

    Wijaya, Tri. (2012). Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kecamatan Panggang Kabupaten Gunung Kidul dalam Program Pemberantasan Buta Aksara. Semarang, 3(1), 60–71. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8915.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v9i2.18113

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

    Diterbitkan oleh:
    Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
    Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

    Indexed in:

          

      View My Stats

    Flag Counter

    View My Stats