IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN KESETARAAN PAKET C DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN KARAWANG

Mahmuda Ardiagarini, Ahmad Syahid, Ratna Sari Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi program pembelajaran kesetaraan paket C di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan studi kasus. Subyek penelitian terdiri dari satu orang kepala SKB Karawang, dua orang tutor, dan dua orang warga belajar yang menjadi sumber informasi dalam pelaksanaan program kesetaraan paket C. Proses analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi atau pelaksanaan program pembelajaran kesetaraan paket C di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) kabupaten Karawang melibatkan beberapa indikator, antara lain latar belakang, materi, metode, teknik, media, pendekatan, sikap, waktu, dan biaya. Indikator-indikator tersebut saling terkait dan memastikan efektivitas proses pembelajaran. Namun, SKB ini masih menghadapi kendala dalam hal sarana dan prasarana yang kurang memadai, sehingga warga belajar mengalami kesulitan dalam menyimak pelajaran. Selain itu, peraturan yang kurang tegas menyebabkan kurangnya kedisiplinan dalam mengerjakan tugas atau evaluasi, dan fasilitas buku di perpustakaan yang tidak lengkap dan terawat dengan baik.

Keywords


Program pembelajaran, Paket C, SKB

Full Text:

PDF

References


A, M. (2019). endidikan Luar Sekolah: Konsep, Program, dan Implementasinya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Darmawan. (2014). Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hoque, Z. (2020). Implementation Theory: Approaches, Methods, and Techniques. CRC Press.

Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 13 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Kamil, M. (2011). Pendidikan Non Formal. Bandung: Alfabeta.

Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BP Restindo Mediatama.

Salam, M. (2017). Peningkatan Mutu Pendidikan Kesetaraan Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstruktivistik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2017. ISBN: 978-602-50315-0-6.

Sudjana, D. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bnadung: Alfabeta.

sukardi, A. (2018). Pendidikan Informal: Dasar-dasar dan Praktik. Jakarta: PT Re remaja Rosdakarya.

Uno, H. B. ( 2012). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v10i1.18287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

      

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats