PERSEPSI PENYULUH KELUARGA BERENCANA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI PERWAKILAN BKKBN SUMATERA SELATAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi Penyuluh Keluarga Berencana (KB) terhadap pembelajaran daring di Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2021 menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara semi terstruktur untuk mendapatkan data persepsi penyuluh KB terkait persiapan dan pelaksanaan pembelajaran daring. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah enam orang Penyuluh KB yang terdiri dari tiga orang Penyuluh KB yang bertugas membina kelurahan dalam wilayah perkotaan dan tiga orang Penyuluh KB yang bertugas membina desa dalam wilayah kabupaten. Hasil penelitian ini menemukan bahwa persepsi Penyuluh KB baik Penyuluh KB yang bertugas di wilayah perkotaan maupun Penyuluh KB yang membina wilayah desa terhadap pembelajaran daring dalam hal platform dan sarana prasarana cukup memadai dan mudah digunakan, permasalahan sinyal internet khususnya di wilayah pedesaan menjadi kendala utama dalam pembelajaraan daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran penggunaan metode dan media pembelajaran cukup variatif, bina suasana dan interaksi antar sesama peserta dalam pembelajaran daring dirasa masih kurang, Penyuluh KB tidak bisa sepenuhnya fokus mengikuti pembelajaran daring, serta pembelajaran daring memicu Penyuluh KB untuk lebih banyak meningkatkan pemahaman terhadap materi melalui pembelajaran mandiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82.
Amri, F. (2022). Persepsi Siswa tentang Aplikasi Teknologi yang Digunakan dalam Pembelajaran Online. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 250–258.
Arhas, S. H. (2018). Metode Pembelajaran Black Knight. Apa? Mengapa? dan Bagaimana? Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 165–172.
Bentley, Y., Selassie, H., & Shegunshi, A. (2012). Design and Evaluation of Student?Focused eLearning. Electronic Journal of E-Learning, 10(1), pp1-12.
Cahyanto, B., Maghfirah, M., & Hamidah, N. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.
Deriansyah, W., Musa, S., & Sutardjo. (2021). Dampak Pembelajaran Online Di Spnf Skb Kota Bekasi Pada Masa Pademik Covid 19. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 8 (2): 177-189
Handayani, D. (2020). The application of the PjBL model uses whatsapp and Zoom meetings in learning. Int. J. Chem. Educ. Res, 4, 46–52.
Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15–23.
Herlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Civics & Social Studies, 4(2), 102–108.
Mustopa, A. J. M. J., & Hidayat, D. (2020). Pengalaman Mahasiswa Saat Kelas Online Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Selama Covid-19. Journal Digital Media & Relationship, 2(2), 75–84.
Nuraminudin, M. (2020). Pelatihan daring pembuatan dan desain serta manajemen konten website untuk staf dan panwascam bawaslu sleman. Prosiding seminar hasil pengabdian masyarakat, 240–245.
Prayitno, L. L., & Mutianingsih, N. (2021). Penggunaan SPADA Selama Masa Covid-19. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 73(1), 19–29.
Saragih, O., Sebayang, F. A. A., Sinaga, A. B., & Ridlo, M. R. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 178–191.
Sriwarthini, N. L. P. N., Syazali, M., & Sutisna, D. (2020). Kesiapan Mahasiswa Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 184–191.
Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan Pembelajaran Daring Di Indonesia. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 89–98.
Suryani, D. R., & Lestari, N. (2019). Penggunaan variasi media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika siswa kelas XI ips 3 SMA Negeri 2 Merauke. Musamus Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–79.
Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1).
DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v10i1.18764
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Indexed in:
View My Stats