PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 4 MERANGIN TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 4 Merangin. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini sebanyak 469 siswa dan sampel penelitian sebanyak 200 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menujukan ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar yang ditunjukan =3,697, dengan p = 0,000< 0,05. Ada pengaruh motivasi belajar keluarga terhadap prestasi belajar yang ditunjukan =7,592, dengan p = 0,000< 0,05. Ada pengalih lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersamasama terhadap prestasi belajar yang ditunjukan =38,592, p = 0,000< 0,05. Jadi dapat ditegaskan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersamasama terhadap prestasi beajar siswa kelas VII SMPN 4 Merangin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta.
Arindita K, S,. Jajat S., Ardiwinata & Kamarubiani, N,. (2019). Pengaruh Kopetensi dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Paket C di SPNF SKB Kota Palembang. Jounal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) 6 (2) 179-181.
Cahayani, S.N., Nabilah, S., Nurdiati, D,. Sinabela, A,. Angraini, P.A. (2022). Motivasi Belajar Mahasiswa di Tengah Pandemi, Setelah 1.5 tahun Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh. Jounal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)
Dimyati.2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah B. Uno. 2010. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamzah B. Uno. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.
Ruswandi. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Cipta Pesona Sejahtera.
Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2004. Penilai hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sholiatun, Desmawati,L. 2018. Motivasi Perempuan mengikuti Pelatihan Senam Aerobik di Sanggar Senam Santa Anna Semarang. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Unsri . 5 (2) 8-9.
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sunarti dan Selly Rahmawati. 2012. Penilai Hasil Belajar untuk SD, SMP, dan SMA. Yogyakarta: Andi Offset
Tu’u Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Undang-undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) (UU RI No. 20 Th. 2003). Jakarta: Sinar Grafika.
DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v9i2.18888
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Indexed in:
View My Stats