PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis web. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis web melalui uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektifitas. Pengembangan media pembelajaran berbasis web menggunakan metode penelitian R&D. Tahapan pengembangan menggunakan model ADDIE dengan rincian sebagai berikut: (a) analisis kebutuhan; (b) desain produk; (c) pengembangan produk; (d) implementasi produk; dan (e) evaluasi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah guru program kesetaraan paket C di PKBM Assolahiyah Karawang yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media pembelajaran berbasis web dengan hasil uji ahli media diperoleh rata-rata sebesar 92,50% dengan kategori “valid”. Hasil uji ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 94,79% dengan kategori “valid”. Hasil uji angket praktikalitas guru diperoleh rata-rata 89,78% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil uji angket praktikalitas siswa diperoleh rata-rata 89,94% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil pretest siswa kelas eksperimen 13,33% dan hasil posttest kelas eksperimen 86,67%. Sedangkan pada kelas kontrol didapatkan hasil pretest 57,14% dan hasil posttest kelas kontrol 42,86%. Jadi, media pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan.
Keywords
Full Text:
XMLReferences
Arief, R., Wazirudin, M. I., Rachman, A., & Hapsari, D. P. (2018). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Tik Berbasis Web Menggunakan Model ADDIE Untuk Siswa SMK. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 509–514
Ayu, G., & Sugiharni, D. (2018). Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Creative Problem Solving. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 02(02), 88–95
Borg, W.R. & Gall MD. Educational Research. Amerika: Pearson Education; 1983.
Budiyono. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0 Budiyono. Jurnal Kependidikan, 6(2), 300–309. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/j k.v6i2.2475
Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di era revolusi industri 4.0. 1–6
Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 5(3), 149. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922
Fauzi, H. N., & Rosliyah, Y. (2020). Persepsi Pembelajar Terhadap Media Kamus Tematik Berbasis Web Bagi Pembelajar Kosakata Bahasa Jepang Tingkat Dasar. Chi’e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 8(1), 26–32. https://doi.org/10.15294/chie.v8i1.35752
Firmansyah, R., & Saidah, I. (2016). Perancangan web based learning sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Informatika, 3(September), 176–182. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/ji.v3i2.834
Handrianto, C., Uçar, A. S., Saputra, E., Nengsih, Y. K., Kenedi, A. K., & Rahman, M. A. (2021). Competences of adult learning facilitators in community service learning: A review of literatures. Kolokium, 9(2), 118-129. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v9i2.493
Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 03(01), 82–86.
Herijanto, B. (2012). Pengembangan CD Interaktif Pembelajaran IPS Materi Bencana Alam. JESS (Journal of Educational Social Studies), 1(1), 8–12. https://doi.org/10.15294/jess.v1i1.73
Herman O, Surjono D, Uny FT. Pemanfaatan Internet Untuk Memperbaharui Model Pengajaran di Perguruan Tinggi Utilization of internet for innovating university instruction. Cakrawala Pendidik. 1999;17:162–6.
Hasan MMDHKT. Media Pembelajaran. Tahta Media Group. 2021. 5–24 p.
Ismaniati C. Penguatan teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. J Univ Negeri Yogyakarta. 2010;
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016a). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3 (2), 166. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016b). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 03(02), 166–182.
Januarisman E, Ghufron A. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii. J Inov Teknol Pendidik. 2016;3(2):166.
Kimianti F, Prasetyo ZK. Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk. J Teknol Pendidik. 2019;07(02):91–103.
Mardhiah, A., & Ali, S. A. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 1–102.
Marlini, C., & Rismawati. (2019). Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tunas Bangsa, 06(02), 277–289.
Martianingtiyas, E. D. (2019). Research and Development ( R & D ): Inovasi Produk dalam Pembelajaran.
Muttaqien, F. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1), 25–41. https://jurnal.amikgarut.ac.id/index.php/j wi/article/download/27/29
Mc.Kimm J, Jollie C, Cantillon P. Web based learning. Bmj. 2003;326(7394):870.
Maran CM, C S, Ravikumar B. Effectiveness of Multimedia Learning in Higher Education. Int J Multimed Technol. 2011;1(2):88–92.
Mohammed Nasser Hassan Ja’ashan M. The Challenges and Prospects of Using E-learning among EFL Students in Bisha University. Arab World English J. 2020;11(1):124–37.
Musta`in, M., & Handrianto, C. (2020). Peranan pengurusan sekolah berasrama islam nurul hakim untuk membangunkan sumber manusia masyarakat sekitar. Jurnal Penyelidikan Sains Sosial (JOSSR), 3(9), 114-123. Retrieved from: http://www.jossr.com/PDF/JOSSR-2020-09-12-15.pdf
Nengsih, Y. K., Nurrizalia, M., Waty, E. R. K., & Shomedran, S. P. (2022). Buku Ajar Media Dan Sumber Belajar Pendidikan Luar Sekolah. Bening Media Publishing.
Nengsih, Y. K., Nurrizalia, M., Waty, E. R. K., & Shomedran, S. (2021). Undergraduate students' needs toward instructional material during pandemic. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 140-148.
Pratama, A. P., Buditjahjanto, I. G. P. A., & Jurusan. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web (Web Based Learning) Pada Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Pada Siswa Kelas XII TEI, dI SMK Negeri 1 Sukorejo, Pasuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(02), 567–574.
Rahman, K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Mata Pelajaran Programmable Logic Controller (PLC) Pada Smk Darussalam Makassar. Jurnal Inspiration, 06(02), 105–117.
Rohdiani, F., & Rakhmawati, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 06(01), 105–110.
Rachmawati Cheng-Hsiung; Chen, Hui-Hua; Setiasih, Ocih; Kurniawati, Leli YL. Implementing Instructional System Design Between Taiwan and Indonesia Via Online Teaching. Int J Educ [Internet]. 2014;8(1):64–73. Available from: https://ejournal.upi.edu/index.php/ije/article/view/1769/1214.
Rita, Y., & Handrianto, C. (2021). Innovation of digital learning in package c program in facing the new normal education. Kolokium, 9(1), 20-28. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v9i1.447
Rita, Y., Muliana, I. L., & Handrianto, C. (2021). Taksonomi bloom dalam materi sistem persamaan linear pada program paket c di PKBM hang tuah pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 69-80. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.12354
Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 1008–1016. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9734
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964
Sihombing, L. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Keliling. 2(1), 84–90. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/d
Supriyono K, Sugirin S. Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Bahasa Inggris Smp Berbasis Web. J Inov Teknol Pendidik. 2014;1(1):49–64.
Surjono HD. Membangun Course E-learning Berbasis Moodle. Edisi Kedua. UNY Press. 2013;1–185.
Utami, D. M. A., Prihantoro, P., Apriani, E., Hidayah, J., & Handrianto, C. (2021). Empowering ICT potentials in english language teaching. Journal Polingua: Scientific Journal of Linguistics, Literature and Language Education, 10(2), 42-48. https://doi.org/10.30630/polingua.v10i2.180
Warsita B. Kecenderungan Global Dan Regional Dalam Pemanfaatan Teknologi. 2006;(19):69–98.
Widiantoro B, Rakhmawati L. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Pada Kompetensi Dasar Di SMKN 1 Jetis. J Pendidik Tek Elektro. 2015;04(2):501–6.
DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v10i2.22665
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Indexed in:
View My Stats