PENGEMBANGAN SISTEM UJIAN YANG BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Evy Ratna Kartika Waty

Abstract


Kunci keberhasilan inovasi dalam pendidikan pada dasarnya adalah perbaikan proses pembelajaran di kelas dalam melaksanakan proses pembelajaran. Pada prinsipnya seorang guru harus mampu membuat persiapan maupun evaluasi hasil belajar dengan baik, karena kualitas dan kuantitas belajar siswa di dalam kelas bergantung pada banyak faktor yang antara lain adalah guru. Sepanjang guru tidak adaptif dan antisipatif (tidak memiliki kemauan untuk berubah) maka dunia pendidikan tidak akan mengalami perubahan. Peningkatan kualitas pembelajaran dalam pendidikan merupakan tanggung jawab setiap unsur terkait, baik itu instansi pemerintah, swasta,  institusi  yang bersangkutan, guru maupun masyarakat. Perbaikan pada proses pembelajaran membutuhkan informasi yang akurat, yaitu yang dijaring melalui kegiatan evaluasi, oleh karena itu kemampuan guru dalam melaksanakan evaluasi harus menjadi prioritas dalam meningkatkan mutu pendidikan agar informasi yang dihimpun bisa akurat, sehingga perbaikan yang dilakukan bisa tepat sasaran.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v4i2.8245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

      

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats