PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus di PAUD Mawar I SKB Ogan Ilir)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam mendidik krrakter (kejujuran, kedisiplinan, toleransi dan kemandirian) pada anak usia dini di PAUD Mawar I SKB Ogan Ilir. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam mendidik karakter (kejujuran, kedisplinan, toleransi dan kemandirian) pada anak usia dini yaitu melalui kegiatan keteladanan sikap yang dilakukan oleh pendidik itu sendiri, menggunakan kegiatan spontan berupa pujian ketika pendidik mengetahui peserta didik melakukan hal yang baikmelalui pemberian teguran berupa nasihat dan bimbingan ketika melihat peserta didik melakukan hal yang tidak baik atau melanggar aturan, melalui pengkondisian lingkungan belajar peserta didik dan menggunakan kegiatan rutin yang dapat membiasakan peserta didik untuk memiliki kejujuran, kedisiplinan, toleransi dan kemandirian.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v5i1.8302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Indexed in:
View My Stats