Analisis Kebutuhan Model Pelatihan untuk Meningkatkan Kompetensi Tutor Pendidikan Kesetaraan PKBM Negeri 16 Rawasari
Abstract
Abstract: Analysis of Needs for Training Model for Improvement of Equivalency Education Tutor’s Competences in PKBM Negeri 16 Rawasari. The objective of this study to analyse the needs of equivalency education tutors in PKBM Negeri 16 Rawasari, Central Jakarta, Special Capital District of Jakarta. This research uses a quantitative approach with a survey method. The subjects of this study were 13 people of equivalency education tutors of PKBM Negeri 16 Rawasari. The data were collected by questionnaire for subjects of this study. Analysis of the data used is descriptive analysis. The results showed a gap between the ideal equality education pedagogical competence tutor with the actual / empirical equality education tutor pedagogical competency, especially in the dimension of "mastering the theory of learning and the principle of educating learning" which shows an assessment index of respondents’s responses of 67.9% with sufficient classification, and the dimension of "taking reflective actions to improve the quality of learning" which shows an assesment index of respondents’s response evaluation of 58.3% with less classification. Based on the results of this study, equivalency education tutors needed intervention through a training. In House Training is a recommended form of training to improve the competency of equivalence education tutors in PKBM Negeri 16 Rawasari.
Keywords: need analysis of training model, pedagogical competence, equivalency education tutor
Abstrak. Analisis Kebutuhan Model Pelatihan untuk Meningkatkan Kompetensi Tutor Pendidikan Kesetaraan PKBM Negeri 16 Rawasari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pelatihan bagi tutor Pendidikan Kesetaraan di PKBM Negeri 16 Rawasari, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Subjek penelitian ini adalah tutor pendidikan kesetaraan PKBM Negeri 16 Rawasari yang berjumlah 13 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada para subjek penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesenjangan antara kompetensi pedagogik tutor pendidikan kesetaraan yang ideal dengan kompetensi pedagogik tutor pendidikan kesetaraan yang aktual/empiris, khususnya pada dimensi “menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik” yang menunjukkan indeks penilaian tanggapan responden sebesar 67,9% dengan klasifikasi cukup, dan dimensi “melakukan
tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran” yang menunjukkan indeks penilaian tanggapan responden sebesar 58,3% dengan klasifikasi kurang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka para tutor pendidikan kesetaraan PKBM Negeri 16 Rawasari memerlukan intervensi melalui sebuah pelatihan. In House Training (IHT) merupakan bentuk pelatihan yang direkomendasikan untuk meningkatkan kompetensi tutor pendidikan kesetaraan PKBM Negeri 16 Rawasari.
Kata Kunci: kebutuhan model pelatihan, kompetensi pedagogik, tutor pendidikan kesetaraan
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v6i2.9936
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Indexed in:
View My Stats