Pengaruh Kompetensi Tutor dan Motivasi Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Karina Arindita

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi tutor dan motivasi belajar peserta didik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik paket C di SPNF SKB Kota Palembang T.A 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 orang yang terdiri dari kelas X, XI dan XII. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70, karena populasi kurang dari 100 maka sampel diambil semua dari jumlah populasi.

Berdasarkan analisis data dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 22.0 diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 35,183+0,157X1+0,506X2. Variabel kompetensi tutor (X1) memiliki pengaruh yang postif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik (Y) dengan nilai thitung > ttabel ( 2,919 > 1,995 ) dengan sig. 0,002, sementara motivasi belajar (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik (Y) dengan nilai thitung > ttabel ( 8,707 > 1,995 ) dengan sig. 0,001. Secara bersama-sama kompetensi tutor dan motivasi belajar peserta didik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai Fhitung > Ftabel ( 14,843 > 3,13 ). Nilai determinasi (R2) kontribusi variabel kompetensi tutor dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 43,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Disimpulkan bahwa kompetensi tutor dan motivasi belajar peserta didik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.


Keywords


Kompetensi Tutor, Motivasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v6i2.9957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

      

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats