• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • BAGAIMANA PROBLEM SOLVING GEOMETRI RUANG DARI LEVEL BERPIKIR VAN HIELE SISWA? | Wulan | Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    BAGAIMANA PROBLEM SOLVING GEOMETRI RUANG DARI LEVEL BERPIKIR VAN HIELE SISWA?

    Eka Resti Wulan, Nilta Ilmiyatur Rosidah

    Abstract


    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil kemampuan problem solving siswa pada masalah kubus dan balok berdasarkan level berpikir Van-Hiele. Profil kemampuan problem solving merupakan gambaran umum aktivitas memperoleh solusi dari masalah matematika yang dilakukan oleh siswa dengan menggunakan pengetahuan sebelumnya yang telah dimiliki. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Al-Islah Citrodiwangsan Lumajang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes dengan think-aloud dan wawancara berbasis tugas, sehingga instrumen yang digunakan: tes level berpikir Van-Hiele, tes pemecahan masalah, dan pedoman pelaksanaan wawancara. Hasil dari penelitian ini diperoleh kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah Polya adalah siswa level-0 (recognition) sebagai kategori yang cukup, subjek dapat memahami masalah, tetapi tidak dapat menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali. Kemudian, siswa level-1 (analysis) dalam kategori yang baik, subjek dapat memahami masalah, mempu menyusun rencana kemudian melaksanakannya, tetapi tidak dapat melihat kembali. Namun, siswa level-2 (order) dalam kategori sangat baik, subjek menyelesaikan masalah sesuai dengan pola dengan sangat baik. Dari keterbatasan penelitian ini, rantai bantuan dengan scaffolding belum diberikan untuk meningkatkan dan memperbaiki kemampuan pemecahan masalah siswa perlu diselidiki untuk penelitian lebih lanjut.


    Keywords


    Pemecahan Masalah Polya; Level Berpikir Van Hiele; Kubus dan Balok

    Full Text:

    PDF

    References


    Abdussakir, A. (2012). Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1).

    Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55.

    Ayuningrum, D. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 27–34.

    Burger, W. F., & Shaughnessy, J. M. (1986). Characterizing the van Hiele levels of development in geometry. Journal for Research in Mathematics Education, 31–48.

    Carson, J. (2007). A Problem With Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. The Mathematics Educators, 17(2), 7–14.

    Creswell, J. W. (2015). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Enhanced Pearson eText with Loose-Leaf Version–Access Card Package. Pearson Education, Inc.

    Dewey, J. (1997). How we think. Courier Corporation.

    García, T., Boom, J., Kroesbergen, E. H., Núñez, J. C., & Rodríguez, C. (2019). Planning, execution, and revision in mathematics problem solving: Does the order of the phases matter? Studies in Educational Evaluation, 61, 83–93.

    Garofalo, J., & Lester Jr, F. K. (1985). Metacognition, cognitive monitoring, and mathematical performance. Journal for Research in Mathematics Education, 163–176.

    Goh, S. E. (2018). Guided problem solving at primary level: Students’ strategies for solving challenging geometry problems [PhD Thesis] National Institute of Education, Nanyang Technological University.

    Granberg, C. (2016). Discovering and addressing errors during mathematics problem-solving—A productive struggle? The Journal of Mathematical Behavior, 42, 33–48.

    Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica, 7(1), 44-54

    Hidayat, A., Sa’dijah, C., & Sulandra, I. M. (2019). Proses Berpikir Siswa Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 923–937.

    J Araiku et al 2019 J. Phys.: Conf. Ser. 1166 012020

    Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1987). Problem solving: A handbook for teachers. ERIC.

    Latifah, M., & Khabibah, S. (2017). Profil Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMA Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Kemampuan SpasiaL. MATHEdunesa, 6(3).

    Lee, C. I. (2016). An appropriate prompts system based on the polya method for mathematical problem-solving. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 893–910.

    Mardika, F., & Hasanah, R. U. (2019). Keefektifan Pendekatan Polya Questioning Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Geometris Siswa. Math Educa Journal, 3(2), 118–131.

    Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative data analysis: A sourcebook of new methods. In Qualitative data analysis: a sourcebook of new methods. Sage publications.

    Mita, D. S., Tambunan, L. R., & Izzati, N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan soal Pisa. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 25–33.

    Mukarromah, T. (2016). Profil Abstraksi Siswa Kelas IX Ditinjau dari Kemampuan Rigorous Mathematical Thinking [PhD Thesis]. UIN Sunan Ampel Surabaya.

    Mulyo, M. R. G. T., Sari, A. F., & Syarifuddin, A. (2019). Proses Berpikir Siswa Bergaya Kognitif Visualizer dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Non Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 167–178.

    NCTM (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

    Noriza, M. D., Kartono, K., & Sugianto, S. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas X pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2), 66-75.

    Novak, E., & Tassell, J. L. (2017). Studying preservice teacher math anxiety and mathematics performance in geometry, word, and non-word problem solving. Learning and Individual Differences, 54, 20–29.

    Pebruariska, A., & Fachrudin, A. D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII pada Materi Segiempat ditinjau dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 21–28.

    Pildayani, P., Sukayasa, S., & Idris, M. (2018). Profil Pemecahan Masalah Bangun Datar Segitiga Ditinjau dari Level Perkembangan Berpikir Van Hiele Pada Siswa SMP Negeri 3 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3),242-257.

    Polya, G. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method. Princeton university press.

    Purnomo, R. J., Widodo, S. A., & Setiana, D. S. (2020). Profil Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis Berdasarkan Model Polya. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 101–110.

    Rahimah, N. (2019). Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar Segi Empat Berdasarkan Kemampuan Matematika. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 37–41.

    Rahmatia, F., Wibowo, T., & Jannah, M. H. (2019). Analisis Berpikir Geometris Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 51–56.

    Rianto, V. M. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori John Dewey pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(7).

    Rismen, S., Juwita, R., & Devinda, U. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 163–171.

    Safrina, K., Ikhsan, M., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah geometri melalui pembelajaran kooperatif berbasis teori van hiele. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

    Schoenfeld, A. H. (2014). Mathematical problem solving. Elsevier.

    Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298.

    Sofyana, A. U. (2013). Profil Keterampilan Geometri Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Level Perkembangan Berfikir Van Hiele. MATHEdunesa, 2(1).

    Sulistianingsih, F. (2018). Kemampuan Problem Solving Dalam Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(7).

    Thiangthung, Y. (2016). Applying Polya’s four-steps and Schoenfeld’s behavior categories to enhance students’ mathematical problem solving. Journal of Advances in Humanities and Social Sciences, 2(5), 261–268.

    Usiskin, Z. (1980). What should not be in the algebra and geometry curricula of average college-bound students? The Mathematics Teacher, 73(6), 413–424.

    Usiskin, Z. (1982). Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry. CDASSG Project.

    Van de Walle, J. A. (2001). Geometric thinking and geometric concepts. Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally.

    Wantika, R. R. (2019). Kemampuan Berpikir Lateral Siswa SMP pada Pemecahan Masalah Geometri. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 932–937.

    Widiyaningsih, E., Zaenuri, Z., & Dwijanto, D. (2020). Problem-Solving Ability and Self-Efficacy Based On Geometry Thinking Level In Van Hiele Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2), 163–169.

    Wulan, E. R. (2015). Diagnosis Kesulitan dan Kegagalan Metakognitif Mahasiswa dalam Mengonstruksi Bukti Matematis serta Scaffolding-nya. DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM.

    Wulan, E. R., & Anggarini, R. E. (2019). Gaya Kognitif Field-Dependent dan Field-Independent Sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Factor M, 1(2).

    Yani, M., Ikhsan, M., & Marwan, M. (2016). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 43–57.

    Yavuz, G., & Erbay, H. N. (2015). The analysis of pre-service teachers’ beliefs about mathematical problem solving. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 174, 2687–2692.

    Yuliana, D., & Ratu, N. (2019). Analisis Keterampilan Dasar Visual Geometri Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Level Berpikir Analisis Van Hiele. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 536–549.

    Zhang, D. (2017). Effects of Visual Working Memory Training and Direct Instruction on Geometry Problem Solving in Students with Geometry Difficulties. Learning Disabilities: A Contemporary Journal, 15(1), 117–138.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.11442

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2020 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



    Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
    Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
    contact person: +6281354633381 (Weni)

    p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



    Indexed in:

    Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

    Creative Commons License

    Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

     

    View My Stats