KEMAMPUAN SISWA MENGUBAH SOAL CERITA MENJADI BENTUK OPERASI ALJABAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan gambaran kemampuan siswa mengubah soal cerita menjadi bentuk aljabar. Untuk mendapatkan tujuan tersebut digunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Ada 28 orang siswa kelas VII.6 SMP Negeri 33 Palembang yang terlibat menjadi subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis berisikan 3 butir soal uraian yang ditujukan mendapatkan data kemampuan siswa mengubah soal cerita menjadi bentul aljabar, sedangkan data wawancara dibutuhkan sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan siswa mampu mengubah soal cerita menjadi bentuk aljabar. Hal ini ditunjukkan bahwa siswa mampu memahami masalah dengan mengidentifikasi informasi yang diketahui dan ditanya. Selain itu siswa juga mampu membuat asumsi dan memodelkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariswati. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantu Media Question Card Terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana Tahun 2016/2017. Universitas Pendidikan Ghanesa.
Djaali & Muldjono,P .(2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo
Fauzi, A. (2014). Upaya Meningkatkamn Keterampilan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Metode Pemodelan Pada Kompetensi Dasar Menggunakan Bentuk Aljabar Untuk Memecahkan Masalah, Termasuk Masalah Aritmatika Kelas VII Semester I SMPNegeri 1 Mumbulsari TP 2011/manurung, 2012. Jurnal Pendidikan Matematika .
Indaryanti. (2011). Geometri Analitik Bidang dan Ruang dan Strategi Langkah Kerja Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 189-194.
Indaryanti, I., Aisyah, N., Winarni, S., & Astuti, P. (2019). On values in non -routine mathematical problems for senior high school students. Journal of Physis: Conference Series. 1166. 012022.
Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis (Newman’s Error Analysis in Mathematical Word Problems). Jurnal PARADIKMA 8(1), 37-51.
Kemendikbud.(2015). Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta.
Maharani, Y., Hiltrimartin, C., Hartono, Y., Indaryanti. (2019). Kemampuan Mengkonstruksi Model Matematika Siswa dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) di SMP Negeri 3 Palembang. Jurnal Numer?cy 6 2 154-163.
Novita, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.Jurnal Pendidikan Matematia.
Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. 546-551.
Nurjanatin, I., Sugondo, G., Manurung, M.M.H.. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Balok DiKelas VIII-F Semester II SMP N 2 Jayapura. Jurnal Imiah Matematika dan Pembelajaran .
Nuryadi, A., Santoso, B., Indaryanti. (2018). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa dengan Strategi Scafolding with a 1solution Plan pada Materi Trigonometri di Kelas X SMAN 2 Palembang. Jurnal Gantang 3 2 73-81.
Priyanto, A., Suharto, & Trapsilasiwi, D. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa1(1),1-5.
Rahmawati, D. & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika .
Satoto, S., Sutarto, H., & Pujiastuti, E. (2013). Analisis kesalahan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal dengan prosedur Newman. Unnes Journal of Mathhematics Education. 1(2), 1-7.
Seifi, M., Haghverdi, M., & Azizmohamadi. (2012). Reognition students’difficulties in solving mathematical word problems from the viewpoint of teacher contextual rewording view project. Journal of Basic and Apllied Seintific Research. 2(3), 2923-2928.
Suratih, & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan Newman’s error analysis. Phytagoras: Jurnal Pendidikan MAtematika. 15(2), 111-123.
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v3i1.11669
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats