• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP DALAM MATERI GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING | Augustine | Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP DALAM MATERI GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING

    Stefanny Hepta Augustine, Yusuf Hartono, Indaryanti Indaryanti

    Abstract


    Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pendekatan model Reciprocal Teaching  pada materi garis dan sudut. subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kota Palembang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 15 siswa. Proses pembelajaran yang digunakan yaitu menggunakan pembelajaran daring online yang disesuaikan dengan tahapan-tahapan Reciprocal Teaching. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis yang terdiri atas 5 soal, kemudian didukung oleh observasi aktivitas siswa untuk memperoleh data tambahan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pendekatan model Reciprocal Teaching pada materi garis dan sudut pada 15 siswa kelas VII SMP di Kota Palembang terkategori baik dengan rincian : presentase siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika dengan kategori sangat baik adalah sebanyak 40%. Serta persentase rata-rata dari data tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 78,86%  termasuk dalam kategori baik.

     


    Keywords


    Kemampuan Pemahaman Konsep, Reciprocal Teaching

    Full Text:

    PDF

    References


    Afdhal, M., & Sugiman, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Reciprocal Teaching Berorientasi pada Antusiasme dan Kemampuan Berpikir Krisis Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2) : 173-186

    Anwar. (2006). Penerapan Pendekatan Reciprocal Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Komputer Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VIIIA di SMP Negeri 37 Bandung

    Baroody, A. J., Feil, Y., Johson, A. R. (2007). An alternative reconceptualization of procedural and conceptual knowledge. Journal for Research in Mathematics Edducation, 38. 115-131

    Carpenter, T. P., Hiebert, J., & Moser, J. M. (1992). Cognitively Guided Instruction: A knowledge base for reform in primary mathematics instruction. The Elementary School Journal, 97(1) : 3-20

    Chotima, M. C., Hartono, Y., & Kesumawati, N. (2019). Pengaruh Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1) : 71-79

    Depdiknas. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Depdiknas. Jakarta

    Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

    Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

    Kusumawati, N. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematika Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Disertasi FPMIPA UPI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

    Luluk, A. (2012). Efektivitas Penggunaan Model Reciprocal Teaching Dengan Melakukan Fieldtrip Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Semarang : IAIN Walisongo

    Mayani, D., Hasbi, & Baharuddin, P. (2014). Penerapan Metode Latihan Berstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Berpangkat Kelas X MIA 5 SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Elektronik Pendidian Matematika Tadulako, Volume 2 No. 1, 55-56

    Munifah, S. F. (2010). Penerapan Model Reciprocal Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX Akutansi Rsbi SMKN 1 Depok. Skripsi. Yogyakarta : UNY

    Muslimin., Indaryanti., & Susanti, E. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Model Reciprocal Teaching untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 11, Nomor 1.

    Palincsar, A.S., & Brown, A. (1984). Reciprocal teaching of Comprehension Fostering and Comprehension mentoring Activities. Cognition and Instruction. Vol 1 No. 2

    Puskur Dit PLP. (2003). Kurikulum 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Depdiknas. Jakarta




    DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.12167

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2020 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



    Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
    Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
    contact person: +6281354633381 (Weni)

    p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



    Indexed in:

    Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

    Creative Commons License

    Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

     

    View My Stats