• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 LUBUKLINGGAU MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT | Ningsih | Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 LUBUKLINGGAU MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT

    Yetri Ningsih

    Abstract


    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas X MIPA pada materi vektor. Nilai rata-rata ulangan harian yang diperoleh siswa sebasar 60,5 dan belum mencapai ketuntasan belajar. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menggunakanpowerpointsebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasilbelajarmatematika pada materi Vektordalam pembelajarandengan menggunakanPowerpoint. Rancangan penelitian yang digunakan berbentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannyasiswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Lubuklinggau tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 36 orang.Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk mendapatkan hasil belajarsiswapadasetiap siklus, sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran pada setiap siklus. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62,2dan pada siklus II sebesar 77,3. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 52,8%, pada siklus II sebesar 80,6 %. Persentase peningkatan hasil belajar siswa sesudah diberi tindakan sebesar 15,29%.Dengan demikiandapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media powerpoint dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Lubuklinggau tahun pelajaarn 2019/2020.


    Keywords


    Powerpoint, learning outcomes, mathematics

    Full Text:

    PDF

    References


    Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Renika Cipta.

    Khaerunnisa, Febriana; Sunarjan; Hamdan Tri Atmaja. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education 6 (1), 31-41

    Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

    Pratidiana, Deni. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII di MAN Pandeglang. Journal of Matematics Learning. 1(2), 1-9.

    Riyana, Ilyasih. (2008). Pemanfaatan OHP dan Presentasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Cipta Agung.

    Srimaya. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek. 5(1), 53-68

    Sudjana, N. (2009). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

    Ulfa, Maria dan Saifuddin. (2018). Terampil Memilih dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Jurnal SUHUF. 30(1), 35-56




    DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.12703

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2020 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



    Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
    Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
    contact person: +6281354633381 (Weni)

    p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



    Indexed in:

    Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

    Creative Commons License

    Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

     

    View My Stats