PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN
Abstract
Salah saru penyebab rendahnya aktivitas belajar siswa adalah kesulitan dalam memahami materi. Fakta ini diperkuat oleh hasil data siswa kelas IX yang menunjukkan bahwa kurang dari 50% siswa yang mengumpulkan tugas pada setiap kelasnya dan hanya 40% siswa diantaranya yang dapat menguraikan jawaban dengan benar. Kesalahan mereka umumnya terletak pada kesalahan pemahaman konsep saat menggunakan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar. Begitu pun dengan hasil penilaian harian I yang belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Penelitian tindakan ini dilakukan sebanyak dua siklus yang masing-masingnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX-1 MTsN 28 Jakarta. Data yang diperoleh berupa hasil observasi aktivitas belajar siswa, hasil angket efektifitas penggunaan video pembelajaran, hasil tes kemampuan pemahaman konsep, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Begitu juga dengan prosentase kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat dari siklus I (45,16%) sampai siklus II (80,65%). Bahkan respon siswa terhadap efektifitas penggunaan video pembelajaran pun meningkat dari siklus I sampai siklus II.hingga 90%. Penelitian ini menyimpulkan penggunaan video pembelajaran efektif terhadap peningkatan aktivitas dan kemampuan pemahaman konsep bilangan berpangkat dan bentuk akar pada siswa kelas IX-1 MTsN 28 Jakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bruner, J. S. (1966). Toward a theory of instruction (Vol. 59). Harvard University Press.
Dale, E., & Trzebiatowski, G. (1968). A Basic Reference Shelf on Audio-Visual Instruction.A Series One Paper. Stanford: ERIC.
Gusmania, Y., & Dari, T. W. (2018).Efektivitas penggunaan media pembelajaranberbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 61-67.
Hudojo, H. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001).Adding it up: Helping children learn mathematics (Vol. 2101). National research council (Ed.). Washington, DC: National Academy Press.
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019).Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98.
Rofiqoh, I., Puspitasar, D., Nursaidah, Z.(2020). Pengembangan Game Math Space Adventure Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 41-54
Rohman, M., & Amri, S. (2013). Strategi dan desain pengembangan sistem pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018).Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173-179.
Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh model blended learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan dan pengajaran, 49(2), 48-58.
Silberman, L.M. (2009). Active Learning 102 Cara Peserta Didik Belajar Aktif.Bandung: Nusa Indah.
Zaenal, A. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.12717
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats