TINGKAT PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA DI ERA NEW NORMAL MENGGUNAKAN VIDEO YOUTUBE
Abstract
Dalam kondisi darurat di era new normal saat ini, kegiatan pembelajaran tidak bisa berjalan secara normal seperti biasanya, namun demikian peserta didik harus tetap mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran sehingga kegiatan belajar mengajar tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran daring matematika di era new normal menggunakan video youtube. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan jenis penelitian yang digunakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk menilai suatu keadaan yang memperlihatkan karakteristik sebagaimana adanya dan tidak bermaksud menguji hipotesis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei kuantitatif yang diperoleh dari sampel populasi, bukan dari keseluruhan populasi. Instrumen yang digunakan berupa angket yang disusun dalam google form. Berdasarkan hasil angket pada siklus pertama diperoleh tingkat partisipasi belajar siswa secara keseluruhan sebesar 50%. Kemudian pada siklus kedua, tingkat partisipasi belajar siswa secara keseluruhan meningkat menjadi 64,3%. Dengan demikian penelitian ini memiliki efek potensial terhadap peningkatan partisipasi pembelajaran daring matematika siswa di kelas VII.1 SMPIT AN-NIDA’ Lubuklinggau
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian dengan Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Anas Sudijono, (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali Press, 2016), h.81.
Dimyati & Mudjiono.(2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Erman Suherman, dkk.(2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI
Hujair AH Sanaky, Media pembelajaran Interaktif-Inovatif, (Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2016), h. 3.
Itiarani, (2019). Penggunaan Video Dari Youtube Sebagai Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Kusuma Putra, Murzika., (2016). Tingkat Partisipasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di SMP Negeri 2 Mrebet Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nunuk Suryani, Achmad Setiawan, Aditin Putria, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2018), h. 5.
Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2015), h. 28.
Sukani, Memanfaatkan Youtube Sebagai Media Pembelajaranyang Interaktif, Menarik dan Menyenangkan, dalam http://guraru.org/guru-berbagi/memanfaatkan_Youtube_sebagai_media_pembelajaran_yang_interaktif_menarik_dan_me nyenangkan/, diakses tanggal 26 Februari 2019 pukul 09.59 WIB. 5)
https://nusadaily.com/news/new-normal-di-dunia-pendidikan-siasati-sistem-pembelajaran-online.html, di akses tanggal 10 september 2020 pukul 20.54 WIB
https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/14/230812771/siapkah-sekolah-masuk-era-new-normal-pendidikan-di-tahun-ajaran-baru?page=all. Di akses tanggal 10 september 2020 pukul 21.04 WIB.
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v3i1.12723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats