MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XII TKJ 1 TENTANG KONSEP FUNGSI LIMIT MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI SMK NEGERI 1 KAYUAGUNG

Erni Erni

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  peningkatan  kemampuan belajar  siswadalampembelajarandaring dengan model Google Classroom.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiansiswakelas XII TKJ 1 SMK Negeri 1 Kayuagung banyak 32 siswa terdiri 23 laki-laki dan 9 orang perempuan.. Penelitian                ini dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri  dari  4  tahap  yaitu  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi  dan  refleksi.Pelaksanaan  tahap-tahap  penelitian  sedikit  berbeda  dari  pembelajaran  dalamkelas karena pembelajara dilakukan secara terpisah atau siswa berada dirumah masing-masing.Hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa senantiasa meningkat pada setiap siklusnya.  Pada siklus I ketuntasan belajar individual29 orang, secara klasikal 80,60 % dan nilai rata-rata kelas 72,42.  Siklus II ketuntasan belajar individual 34 orang, secara klasikal 94,4 % dan rata-rata kelas 79,61.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran yang menggunakan model Google Classroom tentang konsep  Fungsi  Limit terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika.


Keywords


Matematika, Google Classroom, Kemampuan Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto. S, Suhardjono dan Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Abidin, Z. (2020). “Belajar Matematika Asyik dan Menyenangkan”.

https://doi.org/10.31227/osf.io/mdgaz.

Izenstark, Amanda and Katie L. Leahy. 2015. “Google Classroom for Librarians : Features and Opportunities.” Library Hi Tech News 32 (9):1-3. https://doi.org/10.1108/LHTN-05-2015-0039.

Dinas P dan K Propinsi Jawa Timur. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas SMA. Surabaya: Dinas P dan K Propinsi Jawa Timur. 2005.

Departemen Pendidikan Nasional . Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Dasar GBPP Matematika Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 2004

Hammi, Zedha. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Universitas Negeri Semarang

Hardiyana, Andri. Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon : SMA Negeri 1 Losari. 2015

Manulang, Sudianto, dkk (2017). Buku Guru Matematika Kelas XI. Jakarta: Kemendikbud 2014

Suharsimi, Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Bineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v3i1.12992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

   width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats