MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XII TKJ 1 TENTANG KONSEP FUNGSI LIMIT MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI SMK NEGERI 1 KAYUAGUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan belajar siswadalampembelajarandaring dengan model Google Classroom.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiansiswakelas XII TKJ 1 SMK Negeri 1 Kayuagung banyak 32 siswa terdiri 23 laki-laki dan 9 orang perempuan.. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Pelaksanaan tahap-tahap penelitian sedikit berbeda dari pembelajaran dalamkelas karena pembelajara dilakukan secara terpisah atau siswa berada dirumah masing-masing.Hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa senantiasa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan belajar individual29 orang, secara klasikal 80,60 % dan nilai rata-rata kelas 72,42. Siklus II ketuntasan belajar individual 34 orang, secara klasikal 94,4 % dan rata-rata kelas 79,61. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran yang menggunakan model Google Classroom tentang konsep Fungsi Limit terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. S, Suhardjono dan Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Abidin, Z. (2020). “Belajar Matematika Asyik dan Menyenangkan”.
https://doi.org/10.31227/osf.io/mdgaz.
Izenstark, Amanda and Katie L. Leahy. 2015. “Google Classroom for Librarians : Features and Opportunities.” Library Hi Tech News 32 (9):1-3. https://doi.org/10.1108/LHTN-05-2015-0039.
Dinas P dan K Propinsi Jawa Timur. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas SMA. Surabaya: Dinas P dan K Propinsi Jawa Timur. 2005.
Departemen Pendidikan Nasional . Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Dasar GBPP Matematika Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 2004
Hammi, Zedha. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Universitas Negeri Semarang
Hardiyana, Andri. Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon : SMA Negeri 1 Losari. 2015
Manulang, Sudianto, dkk (2017). Buku Guru Matematika Kelas XI. Jakarta: Kemendikbud 2014
Suharsimi, Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Bineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v3i1.12992
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats