PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA
Abstract
The purpose of this study was to see the attitude of independence and student learning outcomes after
applying problem based learning (PBL) using Android-based teaching materials on arithmetic
sequences and series material. This type of research is descriptive research. The research subjects were
35 students of class XI MIA 1 SMA Negeri 10 Palembang. The data collection techniques used were
observation, questionnaires and written tests. The results of this study indicate that the independence of
students after implementing PBL using Android-based teaching materials can be categorized as good,
namely with an average of 82.76%. While student learning outcomes are categorized as good with an
average value of 77.5
Keywords
Full Text:
PDFReferences
References
Amir, M. T. (2016). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik
Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.
Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Penilaian Teman Sejawat (Peer Assesmen) Untuk Mengukur Hasil
Belajar Psikomotorik Pada Perkuliahan.
Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan,
Jakarta: Rosda Karya.
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem
Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32
Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP
dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra.
Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan.
Candra, Eka., Kurniawati, I., & Ferdianto,F. (2020). KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP
MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit
Unswagati Cirebon, 23(1), 26-30.
Dwiyanto, Firman dan Surur, Miftahus. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: CV
Garuda Mas Sejahtera.
Firmana, Yohanes Daya. (2016). Penggunaan dan Pemanfaatan Smartphone di Kalangan Siswa Kelas
X, Studi Kasus: SMA Negeri 3 Pati Kelas X MIA-6. Skripsi. Salatiga: Fakultas Teknologi
Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana.
Hapizah, dkk. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning Materi Aritmetika Sosial
Kelas VII. JPPM, 10(2): 82-94.
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis
matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajran berbasis masalah. kreano,
Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-169.
Kemdikbud. (2014). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika
SMP/MTs. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Hasil Belajar
IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria:Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Lestari, N. P., & Sri Sutarni, M. P. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Pada Materi Barisan dan Deret
Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Schame) di kelas XI SMK Muhammadiyah
Kartasura Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah
Surakarta).
Ngalimun, N. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nuraeni, N. N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang melalui
Alat Peraga Balok dan Kubus pada Siswa Kelas Vic di Sdn Danau Indah 01 Kec. Cikarang
Barat Kabupaten Bekasi. Jurnal Pedagogiana, 8(4)
Nurdiansyah. (2016). InovabsiModel Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia
Learning Center.
Perdana, S. A., & Slameto, S. (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) Berbantuan
Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar,
Jurnal Pendidikan dasar Universitas Sebelas Maret, 4(2). 119026.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Strategi dan tingkat kepekaan bilangan siswa sekolah dasar
dalam menyelesaikan masalah operasi bilangan bulat. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1),
-28.
Romi Julia. (2015).Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada
Materi Dimensi Tigas Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UM.
Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan antara sikap kemandirian belajar dan prestasi
belajar siswa kelas X pada pembelajaran fisika berbasis portofolio. WaPFi (Wahana
Pendidikan Fisika),1(1).
Sugiyono, (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta.
Sulangi, V. R., Mangobi, J. U., & Siby, R. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
PROBLEM POSING DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA,
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 109-112
Triyanto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan
Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD
Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika,
(2), 177–185. https://doi.org/10.1007/BF02686293
Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v3i2.14376
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats