PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

M. Taufiq Qur Rahman, Hapizah Hapizah

Abstract


The purpose of this study was to see the attitude of independence and student learning outcomes after
applying problem based learning (PBL) using Android-based teaching materials on arithmetic
sequences and series material. This type of research is descriptive research. The research subjects were
35 students of class XI MIA 1 SMA Negeri 10 Palembang. The data collection techniques used were
observation, questionnaires and written tests. The results of this study indicate that the independence of
students after implementing PBL using Android-based teaching materials can be categorized as good,
namely with an average of 82.76%. While student learning outcomes are categorized as good with an
average value of 77.5


Keywords


Arithmetic sequences and series, learning outcome, PBL, independence

Full Text:

PDF

References


References

Amir, M. T. (2016). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik

Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.

Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Penilaian Teman Sejawat (Peer Assesmen) Untuk Mengukur Hasil

Belajar Psikomotorik Pada Perkuliahan.

Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan,

Jakarta: Rosda Karya.

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem

Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar

Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32

Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP

dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra.

Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan.

Candra, Eka., Kurniawati, I., & Ferdianto,F. (2020). KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit

Unswagati Cirebon, 23(1), 26-30.

Dwiyanto, Firman dan Surur, Miftahus. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: CV

Garuda Mas Sejahtera.

Firmana, Yohanes Daya. (2016). Penggunaan dan Pemanfaatan Smartphone di Kalangan Siswa Kelas

X, Studi Kasus: SMA Negeri 3 Pati Kelas X MIA-6. Skripsi. Salatiga: Fakultas Teknologi

Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana.

Hapizah, dkk. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning Materi Aritmetika Sosial

Kelas VII. JPPM, 10(2): 82-94.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis

matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajran berbasis masalah. kreano,

Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-169.

Kemdikbud. (2014). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika

SMP/MTs. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Hasil Belajar

IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria:Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, N. P., & Sri Sutarni, M. P. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Pada Materi Barisan dan Deret

Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Schame) di kelas XI SMK Muhammadiyah

Kartasura Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah

Surakarta).

Ngalimun, N. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nuraeni, N. N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang melalui

Alat Peraga Balok dan Kubus pada Siswa Kelas Vic di Sdn Danau Indah 01 Kec. Cikarang

Barat Kabupaten Bekasi. Jurnal Pedagogiana, 8(4)

Nurdiansyah. (2016). InovabsiModel Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia

Learning Center.

Perdana, S. A., & Slameto, S. (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) Berbantuan

Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar,

Jurnal Pendidikan dasar Universitas Sebelas Maret, 4(2). 119026.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Strategi dan tingkat kepekaan bilangan siswa sekolah dasar

dalam menyelesaikan masalah operasi bilangan bulat. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1),

-28.

Romi Julia. (2015).Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada

Materi Dimensi Tigas Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UM.

Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan antara sikap kemandirian belajar dan prestasi

belajar siswa kelas X pada pembelajaran fisika berbasis portofolio. WaPFi (Wahana

Pendidikan Fisika),1(1).

Sugiyono, (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta.

Sulangi, V. R., Mangobi, J. U., & Siby, R. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN

PROBLEM POSING DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA,

JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 109-112

Triyanto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan

Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD

Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika,

(2), 177–185. https://doi.org/10.1007/BF02686293

Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v3i2.14376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

   width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats