PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PEMBUKTIAN PADA MATERI LOGARITMA DI KELAS X SMA

Metha Anggraeini, Somakim Somakim, Hapizah Hapizah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (desain research) yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis bukti pada materi logaritma di kelas X SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah LKPD, Angket, Observasi dan Wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 10 Palembang yang terdiri dari 39 orang siswa. Fokus penelitian ini adalah pengembangan LKPD berbasis pembuktian pada materi logaritma. Penelitian LKPD ini juga bersifat praktis, hal ini dapat disimpulkan melalui hasil one to one serta small grup, dimana siswa telah bisa mengerjakan LKPD tersebut. Hasil kepraktisan itu juga didukung dengan adanya wawancara serta observasi terhadap siswa dalam proses pengerjaan LKPD tersebut. LKPD dalam penelitian ini juga memiliki efek potensial terhadap persepsi siswa. Hal itu dapat di simpulkan melalui hasil analisis angket serta wawancara terhadap siswa dalam proses pengerjaan LKPD dan nilai hasil data angket yang menunjukkan hasil baik.

Keywords


Pengembangan; LKPD; Logaritma

Full Text:

PDF

References


Almeida, D. (2003) Engendering proof attitudes: can the genesis of mathematical knowledge teach us anything? Internasional Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 34(4): 479-488.

Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) pada mata pelajaran matematika siswa kelas x sma. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13-24.

Biyati, T., & dkk. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Pendekatan Konstektual pada Materi Logaritma Siswa Kelas X Pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Cilacap tahun 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 690-699.

Direktorat Pembinaan , S.M.A.(2010). Juknis penyusunan perangkat penilaian afektif di SMA. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMA

Hanna, G. (2000). Proof, Explanation and Exploration:an Overview. Educational Studies in Mathematics, 44: 5-23.

Hasan, B. (2016). Proses berpikir mahasiswa dalam mengkonstruksi bukti menggunakan induksi matematika berdasarkan teori pemerosesan informasi. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 33-40.

Knuth,E.J. (2002). Proof as Tool For Learning Mathematics. Mathematics Teacher. 95(7): 486-490.

NCTM (2000). Principles and Standards for schhool Mathematics. United States of Amerika : The National Council Teacher Mathematics, Inc.

Pemerintah Indonesia. 2002. Undang-undang Republik Indonesia No 18 Tahun 2002 tentang Pangan Atas. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2002. Jakarta : Sekretariat Negara.

Prasetyawan, E. (2017). Upaya meningkatkan sikap terhadap matematika dengan menggunakan pendekatan discovey pada siswa kelas VII di SMP 7 Yogyakarta. Uduke Jurnal Pendidikan,Hukum dan Bisnis, 24-40.

Rahmayani, R., Anwar, R. B., & Vahlia, I. (2022). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Disertai Qr Code Pada Materi Logaritma. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 224-234.

Rosliana, I. (2019). Pengembangan LKPD matematika dengan model learning cycle 7E berbantuan mind mapping. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 10-22.

Rufini, R. Upaya Meningkatkan Penguasaan Materi Logaritma Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(2).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, A. S., & Nasution, A. S. (2021). Strategi Pembelajaran Pada Materi Logaritma Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Berbantuan LKPD di Kelas X SMA. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2).

Utami, I. W., & Rosyidi, A. H. (2016). Profil Lapisan Pemahaman Property Noticing Siswa pada Materi Logaritma di Rinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 21-29.




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v4i1.16890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats