DEKOMPOSISI GENETIK PERMUTASI PADA SISWA KELAS XII SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep permutasi ditinjau berdasarkan dekomposisi genetik pada siswa kelas XII SMA. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas XII SMA Tri Dharma Palembang, yaitu dua siswa berkemampuan tinggi, dua siswa berkemampuan sedang dan dua siswa berkemampuan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa berdasarkan dekomposisi genetik pada materi permutasi pada siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah hanya berada pada tahap aksi. Kemampuan pemahaman konsep yang kurang ini, sebagian besar disebabkan oleh pembelajaran permutasi yang hanya terpaku pada rumus bukan pada pemahaman konseptual. Dengan demikian, dekomposisi genetik siswa (rendah, sedang dan tinggi) belum sampai pada tahap skema.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, N. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus dalam Pembelajaran Berbasis Apos. Histogram, 2(1), 12-20.
Arnon, I., Cottrill, J., Dubinsky, E., Oktac, A., Fuentes, S.R., Trigueros, M., & Weller, K. (2014). Apos Theory: A Framework for Research and Curriculum Development in Mathematics Education. New York: Springer.
Asiala, M., Dubinsky, E., Mathews, D. M., Morics, S. & Oktac, A. (1997a). Development of Students’ Understanding of Cosets, Normality, and Quotient Groups. The Journal of Mathematical Behavior. 16, 241-309.
Azhari, M.R., Widada, W., & Abdullah, M.I. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Berdasarkan Dekomposisi Genetik pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah, MUST: Journal of Mathematics Educations, Science and Technology, 2(1), 20-42.
Dubinsky, Ed & McDonald, M.A. (2001). APOS: A Constructivist Theory of Learning in Undergraduate Mathematics Education Research in Collegiate Mathematics Education II, CBMS Issues in Mathematics Education.
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Hanifah. (2016). Buku Model APOS Inovasi pada Pembelajran Matematika. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu.
Ibrahim dan Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Irawati, T.N (2016). Pengembangan Paket Tes Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa SMP
Lestari, N. P., & Sri Sutarni, M. P. (2018). Analisis Pemahaman Konsep pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Scheme) di Kelas XI SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2017/2018. Published Dissertation. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan: GP Press Group.
Muslimah, M. (2018). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Scheme) pada Materi Program Linear Kelas XI MAN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018.
Mutohar, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pandanarum pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Umaroh, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal PISA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 40-53.
Widada, W. (2002). Teori APOS sebagai suatu alat analisis dekomposisi genetik terhadap perkembangan konsep matematika seseorang. Journal of Indonesian Mathematicel Society (MIHMI), 8.
Widada, W. (2017). Beberapa Dekomposisi Genetik Siswa dalam Memahami Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).
Widada, W., Efendi, S., Herawaty, D., & Nugroho, K. U. Z. (2020). The genetic decomposition of students about infinite series through the ethnomathematics of Bengkulu , Indonesia. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012078 Doi:10.1088/17426596/1470/1/012078, 1470, 1–9.
Zwanch, K. (2019). A Preliminary Genetic Decomposition of Probabilistic Independence. The Mathematics Educator, 28(1).
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v4i1.17429
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats