• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • Pengembangan soal AKM numerasi konteks kearifan lokal Palembang untuk sekolah dasar menggunakan google sites | Chuzairi | Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    Pengembangan soal AKM numerasi konteks kearifan lokal Palembang untuk sekolah dasar menggunakan google sites

    Achmad Chuzairi, Sardianto Markos Siahaan, Somakim Somakim

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal AKM melalui google site yang valid dan praktis serta melihat efek potensial terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa angket, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan tiga aspek untuk melihat kevalidan dari soal AKM yang dikembangkan yaitu materi, desain dan bahasa yang termuat dalam lembar validasi yang ada pada tahap expert review serta berdasarkan komentar/saran dari hasil uji coba one to one. Kepraktisan soal AKM yang dikembangkan dapat dilihat dari hasil perhitungan angket yang diberikan kepada peserta didik dan berdasarkan pengamatan pada tahap small grup serta melihat efek potensial kemampuan literasi numerasi peserta didik pada tahap field test. Dari hasil lembar validasi expert pada tahap expert review diperoleh rata-rata presentase sebesar 81,73% yang termasuk kriteria cukup valid dan dari hasil angket kepraktisan diperoleh rata-rata presentase 71,67% yang termasuk kriteria praktis. Berdasarkan validasi expert review dan uji coba one to one serta small grup, maka diperoleh bahwa soal AKM yang valid dan praktis. Soal AKM yang dikembangkan juga memiliki efek potensial terhadap kemampuan literasi numerasi dilihat dari hasil pengerjaan peserta didik terhadap soal AKM secara keseluruhan dimana peserta didik dapat menyelesaikan soal yang diberikan. Soal AKM yang dikembangkan memiliki efek potensial positif terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik. Hal tersebut dilihat dari 24 peserta didik yang mampu menyelesaikan soal model AKM, dengan rincian 19 peserta didik pada level 1 (79,16%), 18 peserta didik pada level 2 (75%), 19 peserta didik pada level 3 (79,16%).

    Keywords


    Soal AKM, Google Site, Kearifan Lokal, Numerasi

    Full Text:

    PDF

    References


    Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis rancangan assesmen kompetensi minimum (akm) numerasi program merdeka belajar. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 80-90. Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1010

    Aulia, M., Karim, K., & Hidayanto, T. (2023). Pengembanagn asesmen kompetensi minimum (AKM) numerasi konteks kearifan lokal Kalimantan Selatan untuk peserta didik SMA. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1), 143-150. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v11i1.15505

    Andikayana, D.M., Dantes,N, & Kertih, I.W. (2021). Pengembangan instrumen asesmen kompetensi minimum (akm) literasi membaca level 2 untuk peserta didik kelas 4 SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 81–92. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i2.622

    Hartatik, S., & Nafiah. (2020). Kemampuan numerasi mahapeserta didik pendidikan profesi guru sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah matematika. Education and Human Development Journal, 32-42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456

    Johar, R. (2012). Domain soal pisa untuk literasi matematika. Jurnal Peluang, 30-41. https://jurnal.usk.ac.id/peluang/article/view/1296

    Kemendikbud. 2017. Panduan Penysunan Rencana Pelaksanaan Pebelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah menengah Pertama

    Kemendikbud. (2020). Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2021. Jakarta: Balitbang dan Perbukuan.

    Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Naional (AN): Pengetahuan dan persepsi calon guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568

    OECD. (2019). Pisa 2018 results (Volume I): What students know and can do (Vol. 1). PISA: OECD Publishing. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1787/5f07c754-En.

    Oktiningrum, W., & Wardhani, D. A. P. (2020). Developing hot mathematics task with indonesian heritage as context to assess mathematical literacy of students in primary school. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(8), 69. Https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i1.1997

    Pusmenjar. (2020). Desain pengembangan soal AKM. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

    Puspaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2020). Pelatihan soal matematika berbasis literasi numerasi pada peserta didik SMA IT Fitrah Insani. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 137-140. http://dx.doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37504

    Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk meningkatkan kemampuan Literasi numerasi Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.V33i1.14993

    Rosiyana. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran google sites dalam pembelajaran bahasa indonesia jarak jauh peserta didik kelas VII SMP Islam Asy -Syuhada kota Bogor. Jurnal Ilmiah Korpus, 5 (2), 217 – 226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

    Sari, D. R., Lukman, E.N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal geometri pada asesmen kompetensi minimum-numerasi sekolah dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 153-162. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1387

    Wardhani, Dyah A. P., & Oktiningrum, W. (2022). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahapeserta didik melalui pengembangan soal matematika dengan konteks Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,11(1),69-79. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/4377/pdf

    Yen, T. S., & Halili, S. H. (2015). Effective teaching of Higher Order Thinking (HOT) in education. The Online Journal of Distance Education and e-Learning, 3 (2), pp. 41- 47. https://tojdel.net/journals/tojdel/articles/v03i02/v03i02-04.pdf




    DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v5i2.22631

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2024 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

    Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
    Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
    contact person: +6281354633381 (Weni)

    p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



    Indexed in:

    Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

    Creative Commons License

    Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

     

    View My Stats