KEMAMPUAN GENERALISASI PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DALAM PEMBELAJARAN PMRI DI SMP NEGERI 45 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan generalisasi pada materi persamaan garis lurus dalam pembelajaran PMRI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.8 SMP Negeri 45 Palembang yang berjumlah 32 orang. Proses pembelajaran yang berlangsung disesuaikan dengan prinsip dan karakteristik pembelajaran dengan pendekatan PMRI. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes tertulis yang terdiri dari 3 soal uraian, observasi dan wawancara yang dibutuhkan untuk memperoleh data pendukung. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran kemampuan generalisasi matematika siswa pada materi persamaan garis lurus menggunakan pendekatan PMRI dengan rincian sebagai berikut Terdapat 5 orang siswa dengan kemampuan generalisasi rendah dengan rata-rata mencapai tahapan perception; 24 siswa dengan kemampuan generalisasi sedang dengan rata-rata mencapai tahap perception dan expression; 3 orang siswa dengan kemampuan generalisasi tinggi dengan rata-rata ketiga tahap generalisasi dapat muncul dengan baik.
Full Text:
PDFReferences
Fathimah, N. (2017). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wonogiri. Skripsi. Surakarta: FKIP UMS.
Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht, Netherlands: CD-B Press (Freudhental Institute).
Haris, D., &Putri, R. I .I., (2011). “The Role of Context in Third Graders’ Learning of Area Measurement”. IndoMS JournalMathematics Education, 2(1), 55-66.
Kaput, J.J., (1999). “Teaching and Learning a New Algebra”. In Fennema, E., & Romberg, T.A. (Eds.). MathematicsClassrooms that Promote Understanding, p. 133-155. Mahwah, NJ: Erlbaum.
Kaput, J. J., (1999). Teaching and Learning a New Algebra With Understanding. University of Massachusetts Dartmouth. (Online).
Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah Tentang Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud
Marion., (2014). “Design of Learning Mathematics Using Webbed Models”. Proceeding The 2nd SEA-DR Conference, April 26-27.
Marion, Zulkardi & Somakim., (2015). “Desain Pembelajaran Pola Bilangan Menggunakan Model Jaring Laba-Laba di SMP”. Jurnal Kependidikan, 45 (44-61)
Mason, J., (1996). Expressing generality and roots of algebra. In N. Bednarz, C. Kieran, & L. Lee (Eds.) Approaches to algebra: Perspectives for research and teaching, Dordrecht, The Netherlands: Kluwer.
NCTM., (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM, Reston, VA.
Owens, K., (2012). "Papua New Guinea Indigenous Knowledges about Mathematical Concepts". Journal of Mathematics and Culture, 6(1), 15-50.
Orton, A. & Frobisher, L., (2005). Learning and Teaching Elementary Algebra. New York: Continuum.
Van de Walle, J. A., (2008). Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sari, N. (2011). Pengembangan Materi Ajar Persamaan Garis Lurus Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas VIII SMP. Skripsi. Indralaya: FKIP Universitas Sriwijaya.
Sodikin, M., (2010). Kemampuan Penalaran Induktif dalam Pemecahan Masalah Matematik pada Materi Pola Bilangan: Penelitian Desain di MTs Al-Khoiriyah Kota Semarang Kelas IX Tahun Pelajaran 2009/ 2010. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Zainab, Zulkardi, & Hatono, Y., (2013). “Desain Pembelajaran Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan PMRI Menggunakan Kerajinan Tradisional Kain Tajung Palembang Untuk Kelas IX SMP”. Jurnal Edumat, 4(7), 467- 478.
Zulkardi., (2005). Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Doctoral dissertation. Enschede: Univeristy of Twente.
Zulkardi, &Putri, R. I .I., (2006). "Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika". Prosiding Konferensi Nasional Matematika Ke-13, Semarang, 24-27 Juli 2006.
Zulkardi & Putri, R. I .I., (2010). Pengembangan Blog Support UntukMembantu Siswa Dan Guru Matematika Indonesia Belajar PendidikanMatematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Inovasi PerekayasaPendidikan (JIPP), 2(1). pp. 1-24.
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats