PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN WORKED EXAMPLE

Hana Eka Putri Handayani, Zuli Nuraeni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan sebuah modul pembelajaran berbasis kemampuan pemahaman matematis dengan pendekatan worked example pada materi bangun datar segitiga yang dapat menjadi alternatif meminimalkan muatan kognisi siswa dan memberikan pemahaman kepada siswa. Metodologi yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement and Evaluate). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis kemampuan pemahaman matematis dengan pendekatan worked example menurut validasi ahli berada pada persentase 90,741 % dengan kriteria validasi sangat baik, atau dapat digunakan tanpa revisi. Menurut validasi pengguna berada pada persentase 87,778 % dengan kriteria sangat baik. Serta menurut validasi audience berada pada persentase 77,02 % dengan kriteria cukup valid, cukup efektif, cukup tuntas, dapat digunakan namun perlu revisi kecil. Sehingga dengan adanya data tersebut, penelitian ini dapat memenuhi asumsi bahwa modul pembelajaran matematika berbasis kemampuan pemahaman matematis dengan pendekatan worked example cukup efektif ditinjau dari muatan kognisi.


Keywords


modul pembelajaran matematika; kemampuan pemahaman matematis; worked example

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Azizah, N., & Retnowati, E. (2017). Desain Worked Example untuk Mengajarkan Matematika pada Siswa Disabilitas Netra. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika 2017, 517–524. Yogyakarta: UNY.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. (N. Atif, Ed.) (Kesatu). Bandung: PT Refika Aditama.

Hiltrimartin, C., Pratiwi, Y. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing di Kelas IX.4 SMP Negeri 1 Palembang. Lentera Sriwijaya, 1 (2), 46-54.

Nuraeni, Z. & Rosyid, A. (2017). Penerapan Metode Peer Teaching Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Menengah Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Kisi-Kisi Soal UN Matematika SMP. Jurnal Silogisme. 2 (2), 84-91. Ponorogo: UMPO.

Pangesti, F. T. P. (2015). Efek Cognitive Load Theory dalam Mendesain Bahan Ajar Geometri,. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika 2015, 1169–1176. Yogyakarta: UNY.

Retnowati, E. (2008). Keterbatasan Memori dan Implikasinya dalam Mendesain Metode Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2008, 978–979. Yogyakarta: UNY.

Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2011). Cognitive Load Theory. (M. Spector & S. Lajoie, Eds.). Springer.(online), https://doi.org/10.1007/978-1-4419-8126-4. Diakses 12 Desember 2017.

Umbara, U., & Rahmawati, I. (2018). Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Algebrator Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Elemen. 4(1), 9–19. Kuningan: STKIP Muhammadiyah Kuningan.




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.9859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

 

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats