• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN WORKED EXAMPLE | Handayani | Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN WORKED EXAMPLE

    Hana Eka Putri Handayani, Zuli Nuraeni

    Abstract


    Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan sebuah modul pembelajaran berbasis kemampuan pemahaman matematis dengan pendekatan worked example pada materi bangun datar segitiga yang dapat menjadi alternatif meminimalkan muatan kognisi siswa dan memberikan pemahaman kepada siswa. Metodologi yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement and Evaluate). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis kemampuan pemahaman matematis dengan pendekatan worked example menurut validasi ahli berada pada persentase 90,741 % dengan kriteria validasi sangat baik, atau dapat digunakan tanpa revisi. Menurut validasi pengguna berada pada persentase 87,778 % dengan kriteria sangat baik. Serta menurut validasi audience berada pada persentase 77,02 % dengan kriteria cukup valid, cukup efektif, cukup tuntas, dapat digunakan namun perlu revisi kecil. Sehingga dengan adanya data tersebut, penelitian ini dapat memenuhi asumsi bahwa modul pembelajaran matematika berbasis kemampuan pemahaman matematis dengan pendekatan worked example cukup efektif ditinjau dari muatan kognisi.


    Keywords


    modul pembelajaran matematika; kemampuan pemahaman matematis; worked example

    Full Text:

    PDF

    References


    Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

    Azizah, N., & Retnowati, E. (2017). Desain Worked Example untuk Mengajarkan Matematika pada Siswa Disabilitas Netra. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika 2017, 517–524. Yogyakarta: UNY.

    Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. (N. Atif, Ed.) (Kesatu). Bandung: PT Refika Aditama.

    Hiltrimartin, C., Pratiwi, Y. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing di Kelas IX.4 SMP Negeri 1 Palembang. Lentera Sriwijaya, 1 (2), 46-54.

    Nuraeni, Z. & Rosyid, A. (2017). Penerapan Metode Peer Teaching Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Menengah Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Kisi-Kisi Soal UN Matematika SMP. Jurnal Silogisme. 2 (2), 84-91. Ponorogo: UMPO.

    Pangesti, F. T. P. (2015). Efek Cognitive Load Theory dalam Mendesain Bahan Ajar Geometri,. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika 2015, 1169–1176. Yogyakarta: UNY.

    Retnowati, E. (2008). Keterbatasan Memori dan Implikasinya dalam Mendesain Metode Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2008, 978–979. Yogyakarta: UNY.

    Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2011). Cognitive Load Theory. (M. Spector & S. Lajoie, Eds.). Springer.(online), https://doi.org/10.1007/978-1-4419-8126-4. Diakses 12 Desember 2017.

    Umbara, U., & Rahmawati, I. (2018). Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Algebrator Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Elemen. 4(1), 9–19. Kuningan: STKIP Muhammadiyah Kuningan.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.9859

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2020 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



    Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
    Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
    contact person: +6281354633381 (Weni)

    p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



    Indexed in:

    Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

    Creative Commons License

    Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

     

    View My Stats