• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL MELALUI MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING DI KELAS VII SMP NEGERI 1 CILENYI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 | Kusmiati | Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL MELALUI MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING DI KELAS VII SMP NEGERI 1 CILENYI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

    Eti Kusmiati

    Abstract


    Data awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika pada materi aritmatika sosial kurang dari 50% yang mencapai ketuntasan.Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi aritmatika sosialadalah dengan menerapkan pendekatan belajar yang dapat mendorong siswa untuk aktif membangun pengetahuannya sendiri serta mengembangkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Salah satu pendekatan belajar yang memiliki karakteristik demikian adalah model dlps (double loop problem solving).Mengacu pada latar belakang masalah yang telah dipaparkan, peneliti merumuskan permasalahan yang akan diangkat dan menjadi fokus pada penelitian ini. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini dijabarkan dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut.“apakah model double loop problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMPN 1 Cilenyi pada materi aritmatika sosial?”.Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Model Double Loop Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMPN 1 Cilenyi pada materi aritmatika sosial. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai Nilai rata-rata 73 dengan ketuntasan sebesar 73%. Sedangkan pada siklus 2 hasil belajar siswa mencapai Nilai rata-rata 82 dengan ketuntasan sebesar 93%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar dan Ketuntasan Belajarsiswa dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMPN 1 Cileunyi pada materi aritmatika sosial.


    Keywords


    Hasil belajar, Aritmatika, Double Loop Problem Solving

    Full Text:

    PDF

    References


    Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

    Arynda, A., Susanto, S., & Dafik, D. (2012). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas Vii F Semester Ganjil SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 3(3).

    Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

    Depdiknas. (2006). UU RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Bandung: Citra Umbara

    Dimyati dan Mujiono, (2002).Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

    Fathoni, A. (2015). Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Melalui Penerapan Metode PQ4R (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Ampel Surabaya).

    Hamalik, Oemar. (2001). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Siswa. Jakarta: Bumi Aksara.

    Kasbolah. (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.

    Kunandar. (2009). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

    Manik, Dame Rosida.(2009). Penunjang Belajar Matematika Untuk SMP/Mts Kelas 7. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

    Moleong, L.J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

    Ruseffendi, E.T, et al. (1990). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini.Bandung : Tarsito.

    Rusyan, A,T. (2004). Pedoman Mengajar Matematika Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Intimedia

    Sadulloh, Uyoh et al. (2007). Pedagogik. Bandung: Cipta Utama.

    Sagala,Syaeful. (2006).Konsep Dan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.

    Sanjaya, Wina, (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

    Sudjana (1998). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru

    Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

    Wiriatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9885

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



    Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
    Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
    contact person: +6281354633381 (Weni)

    p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



    Indexed in:

    Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

    Creative Commons License

    Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

     

    View My Stats