• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Bernalar terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi | Peprina | LINGUA: Jurnal Bahasa dan Sastra

    Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Bernalar terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi

    Rahma Peprina, Sri Indrawati, Latifah Ratnawati

    Abstract


    Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dan ke- mampuan bernalar terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi. Sampel penelitian ini adalah kelas X.B sebagai kelas eksperimen dan kelas X.E sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan ANOVA menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan argumentasi antara kelas yang diajar dengan pendekatan saintifik dan kelas yang diajar dengan pendekatan konven- sional (p<.05). Selanjutnya, terdapat perbedaan kemampuan bernalar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Di samping itu, penerapan pendekatan saintifik dan kemampuan bernalar secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan argumentatif.

    Kata-kata Kunci: pendekatan saintifik, kemampuan bernalar, menulis karangan argumentasi

    Abstract: This study aims to determine the effect of the scientific approach and the ability to reason against the argumentation essay writing skills. The sample used in this study is X.B class, the experimental class and X.E, control class. The analysis technique used in this study using SPSS 21 and analyzed by t- test and ANOVA. Based on the results from these tests, there is difference argumentative writing competences between students who are taught by the sci- entific approach and those who are taught by the conventional approach (p<.05). Furthermore, there is difference reasoning ability between the experimental and control classes. In addition, the application of scientific approach and reasoning ability of students together to have a posi- tive influence on the student’s argumentative writing skills.

     

    Keywords: scientific approach, reasoning ability, and argumentation writing


    Full Text:

    PDF

    References


    Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu tindakan pendekatan praktek. Ja- karta, Indonesia: PT. Rineka Cipta.

    Auranet, P. (2015). Pengaruh pendekatan scientifik terhadap keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII MTs. tahun pelajaran 2014/2015. Diakses dari.

    Dalman. (2014). Keterampilan menulis. Ja- karta, Indonesia: Rajawali Pers.

    Emzir. (2011). Metodelogi penelitian pen- didikan. Jakarta, Indonesia: Rajawali Pers.

    Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor, Indonesia: Ghalia Indonesia.

    Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2013). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.

    Jauhari, H. (2013). Terampil mengarang.

    Bandung, Indonesia: Nuansa Cendekia.

    Kemendikbud. (2013). Bahasa Indonesia: Ekspresi diri dan akademik. Jakarta, In- donesia: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.

    Keraf, G. (2010). Argumentasi dan narasi. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama.

    Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakar- ta, Indonesia: Gadjah Mada University Press.

    Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung, Indo- nesia: Angkasa.


    Refbacks

    • There are currently no refbacks.