PELATIHAN LAS TIG BAGI PEMUDA PUTUS SEKOLAH KELURAHAN SIMPANG TIMBANGAN KEC INDRALAYA UTARA KAB OGAN ILIR
Abstract
Jenis Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Pengabdian Reguler yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan las TIG (Tungsten Inert Gas). Sasaran Khalayak Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Pemuda Putus Sekolah di Kelurahan Simpang Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Kegiatan pelatihan terdiri dari dua kegiatan inti yaitu teori dan praktik. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi. Peserta mengikuti kegiatan pengabdian dengan antusias dan aktif. Hasil pelatihan didapatkan bahwa rata-rata sikap peserta berada pada kategori baik dengan persentase 79,89%. Rata-rata Aspek kinerja peserta berada pada kategori baik dengan persentase 78,14%. Dan secara keseluruhan tingkat pemahaman teori peserta pelatihan TIG berada pada kategori memenuhi target yang dicapai yaitu bekisar antara 70-80% atau tepatnya 70,83%. Setelah melakukan pengabdian masyarakat ini diharapkan Pemuda Putus Sekolah di Kelurahan Simpang Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir memiliki keterampilan dalam mengelas TIG yang bisa digunakan untuk bekerja dan/atau membuka lapangan pekerjaan khususnya di bidang pengelasan TIG.
Full Text:
PDFReferences
Aljufri. 2008. “Pengaruh Variasi Sudut Kampuh V Tunggal Dan Kuat Arus Pada Sambungan Logam Aluminium – Mg 5083 Terhadap Kekuatan Tarik Hasil Pengelasan Tig”. Tesis. Univesitas Sumatra Utara
BPS Ogan Ilir. (2017). Kecamatan Indralaya Utara dalam Angka. BPS OI: Indralaya.
BPS. (2017). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2017. Tersedia Online [bps.go.id] di akses pada tanggal 31 April 2019
BPS Ogan Ilir. (2014). Jumlah Penduduk Berumur 15 Tahun Keatas Menurut Jenis Kegiatan Utama dan Jenis Kelamin di Kabupaten Ogan Ilir, 2014. Tersedia online https://oganilirkab.bps.go.id/Subjek/view/id/6#subjekViewTab3|accordion-daftar-subjek1 di akses pada tanggal 31 April 2019
Harsono (2008) ‘Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi’, Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia, 3(1), pp. 4–8.
Kurniawan, E. D. (2015) ‘Permasalahan SMK Yang Baru Didirikan Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean’, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri. Palembang, pp. 80–87.
Qadar, R., Rustaman, N. Y. and Suhandi, A. (2015) ‘Mengakses Aspek Afektif Dan Kognitif Pada Pembelajaran Optika Dengan Pendekatan Demonstrasi Interaktif’, Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), pp. 1–11.
Sukanti, S. (2011) ‘Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Akuntansi’, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(1), pp. 74–82. doi: 10.21831/jpai.v9i1.960.
Sumarno (2015) ‘Transformasi Pendidikan Kejuruan Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (apa, mengapa dan bagaimana)’, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri. Palembang, pp. 9–16.
Sumsel Tribune. 2018, 4 Januari. Astaga 2250 Anak di Sumsel Putus Sekolah Selama 2017 Penyebabnya Sungguh Menyedihkan. Tersedia online [http://sumsel.tribunnews.com/2018/01/04/astaga-2250-anak-di-sumsel-putus-sekolah-selama-2017-penyebabnya-sungguh-menyedihkan] diakses pada tanggal 29 April 2019]
Wardhani, C. H., Sumartono, S. and Makmur, M. (2015) ‘Manajemen Penyelenggaraan Program Pelatihan Masyarakat (Studi di Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri di Malang)’, Wacana, Jurnal Sosial dan Humaniora, 18(01), pp. 21–30. doi: 10.21776/ub.wacana.2015.018.01.3.
Widyatmoko, A., Amin, M. and Solechan (2017) ‘Pengaruh Arus Pengelasan Las TIG Terhadap Karakteristik Sifat Mekanis Stainless Steel Type 304’, Traksi, 17(1), pp. 38–52.
DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v6i2.10074
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.