• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PROSES PEMBELAJARAN FABRIKASI LOGAM DI SMK N 1 SEYEGAN | Ashari | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PROSES PEMBELAJARAN FABRIKASI LOGAM DI SMK N 1 SEYEGAN

    Diar Mulya Ashari, Sutopo Sutopo

    Abstract


    Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keadaan faktor internal dan eksternal siswa kelas XI Teknik Fabrikasi Logam terhadap pencapaian prestasi belajar mata pelajaran Teknik Konstruksi Fabrikasi Logam. Mengetahui faktor internal dan eksternal apakah yang perlu ditingkatkan agar dapat memberi pengaruh hasil belajar siswa kelas XI Teknik Fabrikasi Logam di SMK N 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI  jurusan Teknik Fabrikasi Logam di SMK N 1 Seyegan tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Dari 27 responden menjawab memiliki motivasi belajar rendah, minat belajar tinggi, memiliki kecerdasan rendah, memiliki masalah jasmani rendah, sarana prasarana yang mendukung dengan tingkat sedang, lingkungan keluarga sedang, tenaga pendidik tinggi, lingkungan kelas rendah, metode pembelajaran sedang dalam pencapaian prestasi belajar.


    Full Text:

    PDF

    References


    Undang-Undang (2003). Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas RI.

    Muhammad Faturohman. (2015). Model–Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

    Sudjani. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

    Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

    Muslih Mustofa. (2018). Pengaruh Sarana Prasarana Bengkel Permesinan Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Praktik. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. 6 (3), 153-160.

    Aris Sulistyo. & Putut Hargiarto. (2019). Pengembangan Tata Letak Bengkel Dan Program Praktik Fabrikasi Logam Di SMK N 1 Seyegan. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. 4 (1), 18-23.

    Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

    Purwanto & Sukardi. (2015). Pengelolaan Bengkel Praktik SMK Teknik Pemesinan di Kabupaten Purworejo. JPTK, 22 (3), 291-36.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v7i1.11751

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.