EVALUASI DISTANCE LEARNING MATA KULIAH ILMU BAHAN SAAT PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN MODEL CIPP

Darul Prayogo

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan distance learning pada Mata Kuliah Ilmu Bahan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang berdasarkan pemahaman dan pengelolaan yang dilakukan oleh dosen pada saat terjadi wabah Covid-19. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang merupakan sekolah boarding school dan baru pertama kali ini menerapkan distance learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan menggunakan pendekatan expost facto. Penelitian deskriptif ini dilakukan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang dengan populasi 78 orang, sampel yang digunakan sejumlah 78. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu evaluatif dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: evaluasi konteks, evaluasi input, dan evaluasi proses memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pelaksanaan distance learning pada Mata Kuliah Ilmu Bahan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Aspek konteks, input, dan proses bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap kualitas distance learning pada Mata Kuliah Ilmu Bahan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. & Totok Bintoro. 2000. Memahami dan menangani siswa dengan problem dalam belajar: pedoman guru. Jakarta: Proyek peningkatakan Mutu SLTP. Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Direktorat jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Arifin, Suharsimi, dkk. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Ariesto Hadi Sutopo. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Herman Dwi Surjono dan Abdul Gafur. (2010). Potensi Pemanfaatan ICT Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran SMA di Kota Yogyakarta. Makalah Diklat Dosen FT dan FISE UNY. Diakses dari http.herman//.elearning-jogja.org. diakses pada tanggal 23 april 2014.

Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Herman Dwi Surjono. (2008). Pengantar E-learning dan Penyiapan Materi Makalah Diklat Dosen FT UNY. Diakses dari http:herman//.e-learning-jogja.org. tanggal 16 April 2013.

Herman Dwi Surjono. (2010). Membangun Course E-learning Berbasis Moodle. UNY press. Yogyakarta.

Ketut Krisna Wijaya. (2015). Bagaimana Kondisi Kecepatan Internet Di Indonesia Pada Akhir Tahun 2015? . diakses dari https://id.techinasia.com/riset-akamai-kondisi-kecepatan-internet-indonesia pada tanggal 19 februari 2016 pukul 22.00.

Martubi. (2005). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Modul pembelajaran Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhammad Nasirulloh. (2007). Manfaat E-learning Untuk Pendidikan. Makalah diterbitkan. Diakses dari http://media.diknas.go.id. Tanggal 16 April 2013.

Onno W. Purbo. (2002). Teknologi E-learning Berbasis PHP dan MySQL. Diakses dari http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran_elektronik pada tanggal 23 juni 2014.

Rusman, Deni Kurniawan,dan Cepi Riyana. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Mengembangkan profesionalitas Dosen. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Soekartawi. (2007). Merancang dan Menyelenggarakan E-learning: Yogyakarta : Ardana Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods): Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin. (2010). Evaluasi Program Pendidkan. Jakarta : Bumi Aksara.

Yusufhadi Miarso, dkk. (1984). Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta : CVRajawali.

Zaenal Arifin. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdokarya.




DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v7i2.11898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.