PENGEMBANGAN MEDIA COMPACT DISC INTERAKTIF BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN SISTIM BAHAN BAKAR BENSIN
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan media compact disk interaktif (CD) bagi siswa otomotif pada mata pelajaran otomotif kompetensi dasar sistem aliran bahan bakar bensin yang valid, praktis, dan efektif. Populasi penelitian adalah siswa kelas dua teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 2 Palembang. Media pembelajaran CD interaktif ini dikembangkan melalui tiga tahapan , yaitu analisis masalah , desain awal dan evaluasi media pembelajaran CD interaktif. Untuk melihat validitas media peneliti melakukan uji validasi media dan materi pembelajaran , secara paralel dan uji satu per satu. Untuk menentukan tingkat praktikalitas peneliti melakukan uji kelompok kecil dan untuk menentukan efektifitas penelitian dilakukan uji coba lapangan. Dari sepuluh deskripsi yang diamati selama kegiatan pembelajaran tujuh deskripsi muncul sangat baik dimana 85 % memperhatikan penjelasan guru secara seksama, 85% belajar memperlihatkan ekspresi gembira, 88% mengerjakan tugas/soal dengan tenang tanpa mencontoh kepada teman. Selanjutnya 90 % siswa mengerjakan soal tepat waktu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran CD interaktif berbasis konstruktivisme valid, praktis, dan efektif.
Full Text:
XMLDOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v1i1.1227
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.