• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • ANALISIS PERANGKAT PENILAIAN BERBASIS SELF-ASSESSMENT PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM BODY PENGECATAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN | Debora | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    ANALISIS PERANGKAT PENILAIAN BERBASIS SELF-ASSESSMENT PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM BODY PENGECATAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

    Debora Debora, Indria Sintha

    Abstract


    Praktikum adalah salah satu pembelajaran khususnya pada mata kuliah praktikum body pengecatan, yaitu bukan sekedar penguasaan konten materi yang diajarkan, namun mahasiswa harus mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui analisis presentase respon dari responden dalam perlunya penerapan penilaian diri (Self-Assessment) pada mata kuliah praktikum body pengecatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei, teknik sample purposive sampling. Uji Validitas menggunakan analisis korelasi rumus Product Moment dari Pearson dengan hasil 29 butir instrumen yang valid. Sedangkan untuk mengetahui reliabilitasnya, data dianalisis menggunakan rumus koefisien alpha, kemudian hasilnya di bandingkan dengan tingkat keandalan koefisien korelasi. Berdasarkan analisis tersebut, instrument penelitian ini dinyatakan reliabel untuk digunakan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata yang diperoleh oleh responden sebesar 95.254. Secara keseluruhan, nilai yang diperoleh siswa 82.12%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perlunya pelaksanaan self-assessment pada mata kuliah praktikum body pengecatan.

    Full Text:

    PDF

    References


    Fauziyah, I., Stanislaus, S., & Mabruri, M. I. (2014). Konformitas Mahasiswa Pada Kos Baru (Studi Komparasi Mahasiswa Baru Dan Mahasiswa Lama Di Lingkungan Unnes). Journal Of Social And Industrial Psychology, 3(1).

    Morissan, (2016). Metode Penelitian Survei. Cet-4. Jakarta : Kencana.

    Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

    Raharja, Y. Handy. (2019). Relevansi Pancasila Era Industry 4.0 Dan Society 5.0 Di Pendidikan Tinggi Vokasi. Journal Of Digital Education, Communication, And Arts. Vol. 2 (1), 11-20.Raharja, Y. Handy. (2019). Relevansi Pancasila Era Industry 4.0 Dan Society 5.0 Di Pendidikan Tinggi Vokasi. Journal Of Digital Education, Communication, And Arts. Vol. 2 (1), 11-20.

    Saifuddin, A. (2020). Penyusunan Skala Psikologi. Prenada Media.

    Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Bio Educatio:(The Journal Of Science And Biology Education), 2(2).

    Trisno, T. (2014). Metode Self-Assessment Sebagai Metode Alternatif Dalam Melakukan Evaluasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(1), 10-19.

    Triwiyanto, Teguh. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

    Uno, H. B., & Koni, S. (2012). Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

    Wiyogo, W., Duling, J. R., & Debora, D. (2019, February). Quality Function Deployment Analysis For Improvement Of Practicum On Mechanical Engineering Education University Of Palangka Raya. In 5th Upi International Conference On Technical And Vocational Education And Training (Ictvet 2018). Atlantis Press.Provus, M., Malcolm. (1969). The discrepancy evaluation models. An approach to local program improvement and development. Pitaburgh Public School.

    Yusuf, A. Muri. (2015). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan; Pilar Penyedia Informasi Dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

    Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

    Zhan, Y., And S. Andrews. (2014). “Washback Effects From A High-Stakes Examination On Out-Of-Class English Learning: Insights From Possible Self Theories.” Assessment In Education: Principles, Policy & Practice 21(1):71–89. Doi:10.1080/0969594x.2012.757546.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v8i1.13845

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.