ANALISA PENGUJIAN PERFORMA SISTEM KEMUDI PADA MOBIL TAWON
Abstract
Mobil tawon merupakan mobil nasional yang diproduksi oleh PT Super Gasindo Jaya yang lokasi industrinya di Rangkasbitung – Banten. Mobil tawon masih memiliki desain sangat sederhana dan juga mesin dengan kapasitas kecil. Sistem kemudi mempengaruhi kenyamanan dan keamanan kendaraan saat melaju di jalan lurus maupun tikungan pada kecepatan lambat ataupun kencang. Penelitian ini bertujuan untuk “analisa pengujian performa sistem kemudi pada mobil tawon”. Untuk performa sistem kemudi terutama pada bagian rack dan pinion dikarenakan pada bagian ini sangat berpengaruh dalam pembelokan sistem kemudi kendaraan. Dengan dilakukan nya pengujian kerenggangan antara pusat kemudi dengan roda kemudi dengan pembelokan setiap 45° didapatkan kerenggangan saat di belokan ke arah ke kiri dan kekanan, untuk pembelokan ke arah kanan pada bagian sistem kemudi mencapai 540° sedangkan ke arah kiri hanya 360°. Salah satu analisa yang terjadi ialah adanya kerusakan pada gigi rack dan pinion, dan mobil tawon mengalami understeer saat berbelok.
Full Text:
PDFReferences
Asisten Laboratorium Prestasi Mesin. 2020. Modul Praktikum Konversi Energi. FT Untirta Cilegon
Sutantra,I Nyoman 2001. Teknologi Otomotif. Penerbit Prima Printing: Surabaya
B.A.M, van Daal. 2007. Friction and compliance identification in a vehicle's steering system. University of Technology Department Mechanical Engineering Dynamics and Control Group: Eindhoven. https://research.tue.nl › filesPDFWeb resultsFriction and compliance identification in a vehicle's steering system
Erinofiardi. 2010. Identifikasi Bahan Steering Knuckle. Program Studi Teknik Mesin, Universitas Bengkulu: Bengkulu. Vol. 7, No. 2, Http://Repository.Unib.Ac.Id/449/1/1201012%20vol.7.No.2%20polinpdg%20rino.P df
Jaya,G. Serena. K. Rihendra Dantes. I.N Pasek Nugraha. 2018. Analisa Pembebanan Statik Pada Rancangan Steering Knuckel Mobil Listrik Ganesha Sakti. Fakultas Teknik & Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja Indonesia. Vol. 6, No. 2, Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JPTM/Article/Download/14704/8984
Khoir, Alpi. 2015. Analisa Penyebab Bunyi Steering Rack Saat Di Jalan Rusak Pada Mobil X. Fakultas Teknik Mesin Politeknik Negri: Jakarta. Http://Digilib.Mercubuana.Ac.Id/Manager/T!@File_Artikel_Abstrak/Isi_Abstraksi_ 794697722139.Pdf
Pradana, Tjahyadi Rizky. 2016. Analisa Perilaku Arah Kendaraan Dengan Variasi Posisi Titik Berat, Sudut Belok Dan Kecepatan Pada Mobil Formula Sapu Angin Speed 3. Teknik mesin,Fakultas teknologi Industri, Institut Teknologi SepuluhNovember:Surabaya.https://media.neliti.com/media/publications/214284- analisa-perilaku-arah-kendaraan-dengan-v.pdf
Rasma, Mardian Loki. 2016. Analisa Penyebab Kerusakan Pada Differential Heavy Duty Truck HD. Fakultas teknik Universitas Muhammadiyah: Jakarta. Vol. 10, No. 2, https://jurnal.umj.ac.id/index.php/sintek/article/view/1440
Restuaji, Rizal Pribadi. 2016. Perancangan Dan Analisa Sistem Kemudi Dan Sistem Suspensi Narrow Tilting Vehicle. Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember: Surabaya. Https://Media.Neliti.Com › Mediapdfperancangan Dan Analisa Sistem Kemudi Dan Sistem Suspensi
Suharyanto,Koko. Wowo Rossabandino, Fedia Restu. 2015. Analisa Kinerja Sudut Kemudi Pada Kendaraan DUNE BUGGY. Politeknik Negri Batam: Batam
Sukmara, Sony. 2015. Kajian Desain Sistem Kemudi Mobil Listrik 4 Roda 4 Penumpang Untuk Lingkungan Kampus. Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ: Jakarta. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jkem/article/view/6328
Pradana,Tjahyadi Rizky. 2016. Analisa Perlikau Arah Kendaraan Dengan Variasi Posisi Titik Berat, Sudut Belok & Kecepatan Pada Mobil Formula Sapuangin Speed 3. FT & Industri ITS : Surabaya
DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v8i1.14087
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.