• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • ANALISIS GAYA PADA REM CAKRAM (DISK BRAKE) PADA KENDARAAN RODA DUA (HONDA BEAT SPORTY 2017) | Ibrahim | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    ANALISIS GAYA PADA REM CAKRAM (DISK BRAKE) PADA KENDARAAN RODA DUA (HONDA BEAT SPORTY 2017)

    Saiful Anwar Ibrahim, Iwan Nugraha Gusniar

    Abstract


    Abstrak

    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besaran gaya yang terjadi pada rem cakram untuk kendaraan roda dua yang bertujuan bagi para pengendara agar lebih mengetahui serta paham ketika berkendara terutama pada saat melakukan pengereman, agar lebih aman pada saat berkendara. Karena salah satu kasus kematian yang terjadi di Indonesia yaitu karena kecelakaan lalu lintas, moda tranportasi yang banyak mengalami kecelakaan adalah sepeda motor, kejadian tersebut sebagai indikasi bahwa sepeda motor merupakan penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu dan penyumbang korban terbanyak. Maka dari itu sebagai pengendara kita harus mengetahui serta memahami betul bagaimana cara nya berkendara terutama menggunakan sepeda motor serta mengetahui batas kapasitas berkendara ataupun kepecepatan yang ditempuh pada saat melakukan pengereman. Dalam analisis perhitungan dari komponen rem cakram motor beat sporty 2017 dengan data spesifik ; berat kendaraan 93 kg, berat 2 penumpang 130 kg, Kecepatan awal motor (vo) 80 km/jam sampai Kecepatan akhir motor (vt) 0 km/jam, Jarak pengereman sampai berhenti (s) 50 m, Koefisien gesek pada asbes (?) 0,31, Diameter kaliper rem (Dkaliper) 32 mm, Perlambatan pada titik kunci sinkron (?’) 0,6 g. Dari data yang sudah dipersiapkan dapat dilakukan perhitungan agar mendapatkan ; Gaya pada tuas rem (Handle) (F), Diameter Master Rem (Dmaster), Gaya pengereman pada daya maksimal (F), Waktu pengereman (t), Tekanan minyak (Pw), Momen rem, Beban Dinamis (WbD), Faktor efektivitas rem (FER), Energi kinetis (Ek), Perlambatan dalam keadaan darurat (?'), Waktu rem sesungguhnya (te), Luas lapisan (ALD), Kapasitas energi lapisan (KLD), Kapasitas rem. Jika semua sudah diketahui dan dipahami oleh pengendara maka pengendara akan lebih tau kapasitas yang aman dalam berkendara dan melakukan pengereman pada saat berkendara.

    Kata kunci: Rem, Rem Cakram, Kendaraan Roda dua.


    Full Text:

    PDF

    References


    Nieman Winter G.H., ‘ Elemen Mesin” , Jilid II edisi yang direvisi, Erlangga, Jakarta, 1992.

    Sularso dan Kiyokatsu Suga, “ Dasar Perencanaan Elemen Mesin”, PT Pradya Paramita,

    Jakarta, 1985

    https://indomoto.com/10495/new-honda-beat-esp-resmi-meluncur-tersedia. -

    diakses 19/07/2021 - 21:50

    https://www.kanalpengetahuan.com/pengertian-rem-dan-fungsinya. - diakses 22/07/2021 - 21:52

    https://www.otomotifer.com/komponen-rem-cakram-pengertian-fungsi-dan-cara-kerja. - diakses 22/07/2021 - 21:52

    https://www.motorplus-online.com/read/251989911/bikin-melongo-populasi-honda-beat-di-indonesia-lebih-banyak-dibanding-jumlah-warga-di-dki-jakarta-simak-faktanya - diakses 22/09/2021 - 21:54

    https://www.top1.co.id/berita/detail/Sistem-Kerja-Rem-Sepeda-Motor:-Pengertian-Jenis-dan-Cara-Merawatnya - diakses 22/09/2021 - 22:01

    https://www.suara.com/otomotif/2019/07/02/185512/penting-untuk-keselamatan-begini-cara-merawat-rem-cakram?page=all – diakses 22/09/2021 - 22:27

    https://repository.unsri.ac.id/694/3/RAMA_22201_03011181520001_0030106009_02.pdf - diakses 22/09/2021 - 22:39

    http://e-journal.uajy.ac.id/9331/3/2TS13972.pdf - diakses 22/09/2021 - 22:39

    https://www.otosia.com/berita/8-hal-penting-yang-harus-diperhatikan-pada-sistem-rem-sepeda-motor.html - diakses 22/09/2021 - 22:42

    https://www.bps.go.id/indicator/17/57/1/jumlah-kendaraan-bermotor.html - diakses 22/09/2021 - 22:48

    Sayid K, Agus D , Pandri P, 2015, “ANALISIS KEAUSAN DAN WAKTU PENGEREMAN KAMPAS CAKRAM ASBESTOS DAN NON ASBESTOS DENGAN VARIASI BEBAN PENGEREMAN DAN BERAT PENGENDARA PADA SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 CC” Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Mataram.

    Jumadil R , Drs. Hasan M, M.T , Drs. Daswarman, M.Pd, 2014, Pengaruh Massa Piringan Rem Cakram Terhadap Jarak Pengereman Pada Sepeda Motor Honda Supra X ,Jurusan Teknik Otomotif FT UNP.

    Oktavianus L, Noorce C , Anna H, 2019, Faktor yang Berhubungan dengan Kecelakaan Lalu Lintas Pengemudi Sepeda Motor di Sumba Barat Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM, Universitas Nusa Cendana.

    Adhita P , Fitra R, 2020, EVALUATION OF DISC BRAKE ON A HONDA VARIO 150 ESP K59 MOTORCYCLE, Mechanical Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Widyatama University, Bandung, West Java, Indonesia.

    Shivam M, Nihar P, Kiran V, Aditi P, 2021, Design and Analysis of Motorcycle Disk Brake, Mechanical Engineering, Viva Institute of Technology /Mumbai University, India.

    ALAN SURYAATMAJA, 2016, Analisa Sistem Pengereman CBS (Combi Brake System) Pada Motor Honda Beat 110 eSP CBS ISS Dengan Kondisi Jalan Datar dan Menurun, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v8i2.15447

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.