• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • ANALISA PERHITUNGAN RODA GIGI MIRING TRANSMISI PADA MOBIL TOYOTA KIJANG KAPSUL SX 4 SPEED | ARIEF WICAKSANA | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    ANALISA PERHITUNGAN RODA GIGI MIRING TRANSMISI PADA MOBIL TOYOTA KIJANG KAPSUL SX 4 SPEED

    ARIEF ARIEF WICAKSANA

    Abstract


    Roda gigi adalah bagian dari mesin yang berputar untuk mentransimisikan daya. Roda gigi memiliki gigi-gigi yang saling bersinggungan dengan gigi dari roda gigi yang lain. Dua atau lebih roda gigi yang bersinggungan dan bekerja bersama- sama disebut sebagai transmisi roda gigi, dan bisa menghasilkan keuntungan mekanis melalui rasio jumlah gigi. Roda gigi mampu mengubah kecepatan putar, torsi, dan arah daya terhadap sumber daya. Tidak semua roda gigi berhubungan dengan roda gigi yang lain; salah satu kasusnya adalah pasangan roda gigi dan pinion yang bersumber dari atau menghasilkan gaya translasi, bukan gaya rotasi.

    Dengan adanya kemiringan alur gigi, maka perbandingan kontak yang terjadi jauh lebih besar disbanding roda gigi lurus yang seukuran, sehingga pemindahan putaran maupun beban pada gigi-giginya berlangsung lebih halus. Sifat ini sangat baik untuk penggunaan pada putaran tinggi dan beban besar. Dibuat dua alur profil gigi dengan posisi sudut kemiringan saling berlawanan.

    Dari analisa dan perhitungan sebelumnya yang telah dilakukan pada roda gigi miring transmisi mobil Toyota Kijang Kapsul didapatkan hasil :

    Modul (m) = 3mm, Radial Pressure Angle (?t) = 22,73°, Standard Pitch Diameter (dp) = 114,31mm, Base Diameter (dbp) = 105,39 mm, Puncak Diametral Tangensial (Pt) = 0,259 gigi/inch, Jarak Lengkung Puncak (Pt) = 12,123 in, Jarak Normal Lengkung (Pn) = 10,498 in, Jarak Aksial Lengkung Puncak (Px) = 0,448 in, Width Surface Gear (F) = 0,896, Kecepatan Garis Puncak (V) = 3,297, Beban yang dipindahkan (Wt) = 840,764 lb, Gaya Tekan pada Sumbu Radial (Wr) = 775,184 lb, Gaya Tekan pada Sumbu Aksial (Wa) = 485,120 lb, Gaya Total (W) = 1242,23 lb

     

    Kata Kunci : Roda Gigi, Roda Gigi Lurus, Roda Gigi Miring, Rasio, Torsi, Transmisi.

     


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v9i1.16774

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.