• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • EFEKTIVITAS SISTEM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS MATA KULIAH PRAKTIKUM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN SELAMA PANDEMI COVID-19 | Saputra | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    EFEKTIVITAS SISTEM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS MATA KULIAH PRAKTIKUM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN SELAMA PANDEMI COVID-19

    Pandu Atri Saputra, Purnomo Purnomo, Suharmanto Suharmanto

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas sistem pembelajaran tatap muka terbatas mata kuliah praktikum di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin selama pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan perhitungan skala dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas sistem pembelajaran tatap muka terbatas mata kuliah praktikum di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin dalam kategori cukup (36%). Efektivitas ditinjau dari pembelajaran dalam kategori cukup (33%). Efektivitas ditinjau dari fasilitas pembelajaran dalam kategori tinggi (37%). Efektivitas ditinjau dari  mahasiswa dalam kategori tinggi (34%). Efektivitas ditinjau dari dosen masuk dalam kategori cukup (30%). Pemahaman mahasiswa pada materi kuliah praktikum masuk dalam kategori cukup dengan persentase sebesar (39%).

    Full Text:

    PDF

    References


    ERAWATI, M. S., Darlius, D. & Syofii, I. (2019) ‘Pengaruh Fasilitas Bengkel Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 7 Palembang’, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(1), pp. 77–84. doi: 10.36706/jptm.v6i1.6966.Mulyasa, H. (2011) Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

    Mulyasa, H. (2013) Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

    Nai, F. A. (2017) Teori Belajar dan Pembelajaran: Implementasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA dan SMK. Yogyakarta: Deepulish.

    Rahmawati, M. & Suryadi, E. (2019) ‘Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), p. 49. doi: 10.17509/jpm.v4i1.14954.

    Rifa’i, A. (2012) Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRES.

    Saadi, F., Halidjah, S. & Kartono (2013) ‘Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Media Tepat Guna di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Toho’, 2. doi: 10.26418/jppk.v2i7.2460.

    Sari, A. (2017) Korelasi Tingkat Kehadiran Siswa dengan Hasil belajar di Kelas X SMKN 4 Pontianak. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

    Siregar, E. & Nara, H. (2010) Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

    Slameto (2013) Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

    Slavin, R. E. (2000) Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Allyn & Bacon.

    Sopiatin, P. (2010) Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

    Sudijono, A. (2018) Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: Rajawali Press.

    Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

    Supardi (2013) Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

    Toquero, C. M. (2020) ‘Challenges and Opportunities for Higher Education amid the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context’, Pedagogical Research, 5(4), p. em0063. doi: 10.29333/pr/7947.

    Universitas Negeri Malang (2020) ‘Surat Edaran Nomor 18.6.246/UN32/KL/2020 Pengaturan Aktivitas Kampus Universitas Negeri Malang dalam Masa Pandemi Covid-19’.

    Uno, H. B. (2016) Teori Motivasi dan Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara.

    Uno, H. B. & Mohamad, N. (2014) Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v9i2.17636

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.