EFEKTIVITAS SISTEM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS MATA KULIAH PRAKTIKUM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN SELAMA PANDEMI COVID-19

Pandu Atri Saputra, Purnomo Purnomo, Suharmanto Suharmanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas sistem pembelajaran tatap muka terbatas mata kuliah praktikum di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin selama pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan perhitungan skala dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas sistem pembelajaran tatap muka terbatas mata kuliah praktikum di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin dalam kategori cukup (36%). Efektivitas ditinjau dari pembelajaran dalam kategori cukup (33%). Efektivitas ditinjau dari fasilitas pembelajaran dalam kategori tinggi (37%). Efektivitas ditinjau dari  mahasiswa dalam kategori tinggi (34%). Efektivitas ditinjau dari dosen masuk dalam kategori cukup (30%). Pemahaman mahasiswa pada materi kuliah praktikum masuk dalam kategori cukup dengan persentase sebesar (39%).

Full Text:

PDF

References


ERAWATI, M. S., Darlius, D. & Syofii, I. (2019) ‘Pengaruh Fasilitas Bengkel Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 7 Palembang’, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(1), pp. 77–84. doi: 10.36706/jptm.v6i1.6966.Mulyasa, H. (2011) Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, H. (2013) Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nai, F. A. (2017) Teori Belajar dan Pembelajaran: Implementasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA dan SMK. Yogyakarta: Deepulish.

Rahmawati, M. & Suryadi, E. (2019) ‘Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), p. 49. doi: 10.17509/jpm.v4i1.14954.

Rifa’i, A. (2012) Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRES.

Saadi, F., Halidjah, S. & Kartono (2013) ‘Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Media Tepat Guna di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Toho’, 2. doi: 10.26418/jppk.v2i7.2460.

Sari, A. (2017) Korelasi Tingkat Kehadiran Siswa dengan Hasil belajar di Kelas X SMKN 4 Pontianak. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Siregar, E. & Nara, H. (2010) Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto (2013) Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slavin, R. E. (2000) Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Allyn & Bacon.

Sopiatin, P. (2010) Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudijono, A. (2018) Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: Rajawali Press.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi (2013) Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Toquero, C. M. (2020) ‘Challenges and Opportunities for Higher Education amid the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context’, Pedagogical Research, 5(4), p. em0063. doi: 10.29333/pr/7947.

Universitas Negeri Malang (2020) ‘Surat Edaran Nomor 18.6.246/UN32/KL/2020 Pengaturan Aktivitas Kampus Universitas Negeri Malang dalam Masa Pandemi Covid-19’.

Uno, H. B. (2016) Teori Motivasi dan Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B. & Mohamad, N. (2014) Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v9i2.17636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://biologi.ui.ac.id/wp-content/themes/idnslot/ https://biologi.ui.ac.id/products/mpo-slot/ https://uptikayu.disperindag.jatimprov.go.id/uploads/ dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online slot online