EFEKTIVITAS SISTEM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS MATA KULIAH PRAKTIKUM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Full Text:
PDFReferences
ERAWATI, M. S., Darlius, D. & Syofii, I. (2019) ‘Pengaruh Fasilitas Bengkel Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 7 Palembang’, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(1), pp. 77–84. doi: 10.36706/jptm.v6i1.6966.Mulyasa, H. (2011) Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, H. (2013) Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nai, F. A. (2017) Teori Belajar dan Pembelajaran: Implementasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA dan SMK. Yogyakarta: Deepulish.
Rahmawati, M. & Suryadi, E. (2019) ‘Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), p. 49. doi: 10.17509/jpm.v4i1.14954.
Rifa’i, A. (2012) Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRES.
Saadi, F., Halidjah, S. & Kartono (2013) ‘Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Media Tepat Guna di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Toho’, 2. doi: 10.26418/jppk.v2i7.2460.
Sari, A. (2017) Korelasi Tingkat Kehadiran Siswa dengan Hasil belajar di Kelas X SMKN 4 Pontianak. Universitas Muhammadiyah Pontianak.
Siregar, E. & Nara, H. (2010) Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto (2013) Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slavin, R. E. (2000) Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Allyn & Bacon.
Sopiatin, P. (2010) Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudijono, A. (2018) Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: Rajawali Press.
Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi (2013) Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Toquero, C. M. (2020) ‘Challenges and Opportunities for Higher Education amid the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context’, Pedagogical Research, 5(4), p. em0063. doi: 10.29333/pr/7947.
Universitas Negeri Malang (2020) ‘Surat Edaran Nomor 18.6.246/UN32/KL/2020 Pengaturan Aktivitas Kampus Universitas Negeri Malang dalam Masa Pandemi Covid-19’.
Uno, H. B. (2016) Teori Motivasi dan Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H. B. & Mohamad, N. (2014) Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v9i2.17636
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.