PENERAPAN MODEL TEACHING FACTORY PADA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR DI SMK NEGERI 1 KOBA
Abstract
Penerapan model pembelajaran Teaching Factory meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor di Kelas XII Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) SMK Negeri 1 Koba Tahun Ajaran 2021/ 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor kompetensi dasar menjelaskan mengenai sistem rem mekanik dan sistem rem hidrolik dengan model pembelajaran Teaching Factory. Dapat diketahui dari persentase keaktifan siswa pada siklus satu sebesar 70,20% dan pada siklus dua persentase keaktifan sebesar 81,06%. Dengan meningkatnya keaktifan menyebabkan prestasi belajar siswa terus mengalami peningkatan. Hasil ini dapat diketahui dari nilai rata-rata hasil belajar siswa 57,54 dengan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebelum diberikan tindakan (T0) sebesar 25%, sedangkan setelah diberikan tindakan pada siklus satu (T1) nilai rata-rata hasil belajar 65,21 dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 54,17% dan pada siklus dua (T2) diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 82,04 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 91,67% sehingga menunjukkan T2>T1>T0.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. (2017). Tata Kelola Pelaksanaan Teaching Factory. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Gozali., Dardiri, A., Soekopitojo, O. (2018). Penerapan Teaching Factory Jasa Boga untuk Meningkatkan Kompetensi Entrepreneur Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan. ISSN: 2580-5398.
Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kuswantoro, A. (2014). Teaching Factory Rencana dan Nilai Enterpreneurship. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Regina, dkk. (2020). Studi Tentang Pelaksanaan Teaching Factory SMK di Kota Malang (Studi Multi Kasus). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. ISSN: 2656-5153.
Siswandi, Galfri & Sukoco. 2015. Pengembangan Model Teaching Factory di Bengkel Otomotif SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, ISSN: 2477-2410.
Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Windayana, H. 2012. Penelitian Tindakan Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar EduHumaniora, ISSN: 2579-5457.
Wiyani, Novan Ardy. (2013). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasinya untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Jakarta: Ar-Ruzz media.
DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v9i2.18832
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.