• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENERAPAN MODEL TEACHING FACTORY PADA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR DI SMK NEGERI 1 KOBA | Syahryanto | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    PENERAPAN MODEL TEACHING FACTORY PADA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR DI SMK NEGERI 1 KOBA

    Syahryanto Syahryanto

    Abstract


    Penerapan model pembelajaran Teaching Factory meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor di Kelas XII Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) SMK Negeri 1 Koba Tahun Ajaran 2021/ 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor kompetensi dasar menjelaskan mengenai sistem rem mekanik dan sistem rem hidrolik dengan model pembelajaran Teaching Factory. Dapat diketahui dari persentase keaktifan siswa pada siklus satu sebesar 70,20% dan pada siklus dua persentase keaktifan sebesar 81,06%. Dengan meningkatnya keaktifan menyebabkan prestasi belajar siswa terus mengalami peningkatan. Hasil ini dapat diketahui dari nilai rata-rata hasil belajar siswa 57,54 dengan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebelum diberikan tindakan (T0) sebesar 25%, sedangkan setelah diberikan tindakan pada siklus satu (T1) nilai rata-rata hasil belajar 65,21 dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 54,17% dan pada siklus dua (T2) diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 82,04 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 91,67% sehingga menunjukkan T2>T1>T0.


    Full Text:

    PDF

    References


    Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

    Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. (2017). Tata Kelola Pelaksanaan Teaching Factory. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

    Gozali., Dardiri, A., Soekopitojo, O. (2018). Penerapan Teaching Factory Jasa Boga untuk Meningkatkan Kompetensi Entrepreneur Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan. ISSN: 2580-5398.

    Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

    Kuswantoro, A. (2014). Teaching Factory Rencana dan Nilai Enterpreneurship. Yogyakarta: Graha Ilmu.

    Regina, dkk. (2020). Studi Tentang Pelaksanaan Teaching Factory SMK di Kota Malang (Studi Multi Kasus). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. ISSN: 2656-5153.

    Siswandi, Galfri & Sukoco. 2015. Pengembangan Model Teaching Factory di Bengkel Otomotif SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, ISSN: 2477-2410.

    Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

    Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

    Windayana, H. 2012. Penelitian Tindakan Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar EduHumaniora, ISSN: 2579-5457.

    Wiyani, Novan Ardy. (2013). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasinya untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Jakarta: Ar-Ruzz media.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v9i2.18832

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.