• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE 5E) PADA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF DI SMK NEGERI 1 KOBA | Septiawan | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE 5E) PADA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF DI SMK NEGERI 1 KOBA

    Fansuri Septiawan

    Abstract


    Penerapan model pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) pada pelajaran teknologi dasar otomotif di Kelas X Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) SMK Negeri 1 Koba Tahun Ajaran 2021/ 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif kompetensi dasar memahami sistem hidraulik dengan model pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle 5E). Dapat diketahui dari nilai rata-rata hasil belajar siswa 58,29 dengan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebelum diberikan tindakan (T0) sebesar 21,43%, sedangkan setelah diberikan tindakan pada siklus satu (T1) nilai rata-rata hasil belajar 66,93 dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 60,71% dan pada siklus dua (T2) diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 81,46 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 89,28% sehingga menunjukkan T2>T1>T0. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle 5E) dapat meningkatkan  hasil belajar siswa pada pelajaran teknologi dasar otomotif di kelas X TBSM SMK Negeri 1 Koba.


    Full Text:

    PDF

    References


    Arikunto, S. Suhardjono dan Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Bandung.

    Fitriyanto, R. & Nuryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Prestasi Mata Pelajaran KMKE Siswa SMK N 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. ISSN: 2656-5153.

    Dyah, A. & Istiqomah, N. N. (2016). Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E : Mengaktifkan Siswa Pada Materi Suhu dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. ISSN: 2549-2209.

    Hafiah, S., Lukita, A., & Siswono, T. Y. (2018). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Topik Trigonometri . Jurnal Matematika Kreatif Inovatif., ISSN: 2442-4218.

    Liana, D. (2020). Penerapan Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle 5e) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 007 Kotabaru Kecamatan Keritang. Jurnal Mitra PGMI. ISSN: 2443-0021

    Mahmudin. (2007). “Membentuk Karakter Kreatif dan Produktif Melalui Siklus Belajar”.http://Mahmudin.wordpress.com/2007/11/09/membentuk-karakter-kreatif-dan-produktif-melalui-siklus-belajar.html. Diakses tanggal 21 Januari 2022.

    Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

    Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

    Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v9i2.19170

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.