DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KESIAPAN SISWA SMK DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA

Anggi Aprianto, Meiyaldi Eka Putra, Fajar Maulana, Hendra Sahputra Batubara

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap kesiapan siswa memasuki dunia kerja di SMKN 7 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner menggunakan skala Likert. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 74 siswa, dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran online berpengaruh signifikan terhadap nilai Sig. = 0,000 < 0,05 berarti kriteria signifikansi terpenuhi, sedangkan T-hitung 10,845 > 1,666 berarti menolak H0 dan menerima Ha untuk menguji kedua variabel Berdasarkan uji regresi diketahui bahwa variabel pembelajaran online mempunyai kontribusi sebesar 70,7 % terhadap kesiapan siswa memasuki dunia kerja, sekaligus berdasarkan tes deskriptif dapat disimpulkan bahwa kesiapan kerja siswa belum optimal, yaitu 14 dari 74 siswa masih memiliki kesiapan kerja yang rendah.

 

Kata kunci: Pembelajaran Online, Kesiapan, Dunia Kerja


Full Text:

PDF

References


Alam, G. M., & Parvin, M. (2021). Can online higher education be an active agent for change? —Comparison of academic success and job-readiness before and during COVID-19. Technological Forecasting and Social Change, 172, 121008. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121008

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2543

Batubara, H. S., Riyanda, A. R., Rahmawati, R., Ambiyar, A., & Samala, A. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629–4637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2816

Datadiwa, D., & Widodo, J. (2015). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Warureja Tahun 2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1).

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal jendela pendidikan, 1(02), 48-60.

Julianto, V., & Almakhi, N. P. Z. (2022). Pendampingan Psikologis pada Siswa SMK di Kendal untuk Mengurangi Depresi akibat Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Indonesia Berdaya, 3(1), 149–158. https://doi.org/10.47679/ib.2022192

Khairunnisa, N., Damris, D., & Kamid, K. (2021). Problematika Implementasi Pembelajaran Matematika Secara Daring Pada Siswa SMP Kota Jambi Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2172–2184. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.711

Krisnamurti, T. F. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(1), 65-76.

Lie, N. L. C., & Darmasetiawan, N. K. (2018). Pengaruh soft skill terhadap kesiapan kerja menghadapi masyarakat ekonomi asean pada mahasiswa S1 fakultas bisnis dan ekonomika universitas surabaya. CALYPTRA, 6(2), 1496-1514.

Liu, A. N. A. M., & Ilyas, I. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 6(1), 34. https://doi.org/10.25273/jpfk.v6i1.7303

Paryanto, Hidayat, F., & Harjanto, C. T. (2020). Implementation of problem based learning to improve student learning achievement in turning machining lesson. Journal of Physics: Conference Series, 1446(1), 012007. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1446/1/012007

Riyanda, A. R., Agnesa, T., Wira, A., Ambiyar, A., Umar, S., & Hakim, U. (2022). Hybrid Learning: Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 4461–4469. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2794

Riyanda, A. R., Ambiyar, A., Syahril, S., Fadhilah, F., Samala, A. D., Adi, N. H., & Aminuddin, F. H. (2021). Evaluation of Online Learning Processes in FKIP Universitas Lampung During Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan MIPA, 22(2), 179–187. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v22i2.pp179-187

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 66-71.

Riyanda, A. R., Jalinus, N., Abdullah, R., Ranuharja, F., Islami, S., Adi, N. H., & Aminuddin, F. H. (2021). The New Paradigm of Technical and Vocational Education and Training (TVET). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 364–371. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1745

Rofiah, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Stres Akademik Siswa Di SMA Negeri 1 Kepanjen. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v4i1.970

Suardi. (2018). PENGARUH KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–128. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i2.494

Taman, A. (2013). Pengaruh pengalaman praktik industri dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Yogyakarta. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1).

Utami, Y. G. D. (2013). Self efficacy dengan kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 40-52.

Wang, Y.-S., Wang, H.-Y., & Shee, D. Y. (2007). Measuring e-learning systems success in an organizational context: Scale development and validation. Computers in Human Behavior, 23(4), 1792–1808. https://doi.org/10.1016/j.chb.2005.10.006




DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v9i2.19188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://biologi.ui.ac.id/wp-content/themes/idnslot/ https://biologi.ui.ac.id/products/mpo-slot/ https://uptikayu.disperindag.jatimprov.go.id/uploads/ dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online slot online