DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KESIAPAN SISWA SMK DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap kesiapan siswa memasuki dunia kerja di SMKN 7 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner menggunakan skala Likert. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 74 siswa, dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran online berpengaruh signifikan terhadap nilai Sig. = 0,000 < 0,05 berarti kriteria signifikansi terpenuhi, sedangkan T-hitung 10,845 > 1,666 berarti menolak H0 dan menerima Ha untuk menguji kedua variabel Berdasarkan uji regresi diketahui bahwa variabel pembelajaran online mempunyai kontribusi sebesar 70,7 % terhadap kesiapan siswa memasuki dunia kerja, sekaligus berdasarkan tes deskriptif dapat disimpulkan bahwa kesiapan kerja siswa belum optimal, yaitu 14 dari 74 siswa masih memiliki kesiapan kerja yang rendah.
Kata kunci: Pembelajaran Online, Kesiapan, Dunia Kerja
Full Text:
PDFReferences
Alam, G. M., & Parvin, M. (2021). Can online higher education be an active agent for change? —Comparison of academic success and job-readiness before and during COVID-19. Technological Forecasting and Social Change, 172, 121008. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121008
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2543
Batubara, H. S., Riyanda, A. R., Rahmawati, R., Ambiyar, A., & Samala, A. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629–4637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2816
Datadiwa, D., & Widodo, J. (2015). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Warureja Tahun 2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1).
Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal jendela pendidikan, 1(02), 48-60.
Julianto, V., & Almakhi, N. P. Z. (2022). Pendampingan Psikologis pada Siswa SMK di Kendal untuk Mengurangi Depresi akibat Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Indonesia Berdaya, 3(1), 149–158. https://doi.org/10.47679/ib.2022192
Khairunnisa, N., Damris, D., & Kamid, K. (2021). Problematika Implementasi Pembelajaran Matematika Secara Daring Pada Siswa SMP Kota Jambi Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2172–2184. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.711
Krisnamurti, T. F. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(1), 65-76.
Lie, N. L. C., & Darmasetiawan, N. K. (2018). Pengaruh soft skill terhadap kesiapan kerja menghadapi masyarakat ekonomi asean pada mahasiswa S1 fakultas bisnis dan ekonomika universitas surabaya. CALYPTRA, 6(2), 1496-1514.
Liu, A. N. A. M., & Ilyas, I. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 6(1), 34. https://doi.org/10.25273/jpfk.v6i1.7303
Paryanto, Hidayat, F., & Harjanto, C. T. (2020). Implementation of problem based learning to improve student learning achievement in turning machining lesson. Journal of Physics: Conference Series, 1446(1), 012007. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1446/1/012007
Riyanda, A. R., Agnesa, T., Wira, A., Ambiyar, A., Umar, S., & Hakim, U. (2022). Hybrid Learning: Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 4461–4469. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2794
Riyanda, A. R., Ambiyar, A., Syahril, S., Fadhilah, F., Samala, A. D., Adi, N. H., & Aminuddin, F. H. (2021). Evaluation of Online Learning Processes in FKIP Universitas Lampung During Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan MIPA, 22(2), 179–187. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v22i2.pp179-187
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 66-71.
Riyanda, A. R., Jalinus, N., Abdullah, R., Ranuharja, F., Islami, S., Adi, N. H., & Aminuddin, F. H. (2021). The New Paradigm of Technical and Vocational Education and Training (TVET). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 364–371. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1745
Rofiah, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Stres Akademik Siswa Di SMA Negeri 1 Kepanjen. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v4i1.970
Suardi. (2018). PENGARUH KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–128. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i2.494
Taman, A. (2013). Pengaruh pengalaman praktik industri dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Yogyakarta. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1).
Utami, Y. G. D. (2013). Self efficacy dengan kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 40-52.
Wang, Y.-S., Wang, H.-Y., & Shee, D. Y. (2007). Measuring e-learning systems success in an organizational context: Scale development and validation. Computers in Human Behavior, 23(4), 1792–1808. https://doi.org/10.1016/j.chb.2005.10.006
DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v9i2.19188
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.