• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRODUK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 | Romadin | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRODUK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

    Achmad Romadin

    Abstract


    Revolusi Industri (RI) 4.0 turut andil dalam hal perkembangan dalam era modern digita, hal tersebut berdampak pula dunia pendidikan. model pembelajaran inovatif yang mampu mencapai kompetensi RI 4.0. pembelajaran berbasis produk merupakan pembelajaran yang mencerminkan pembelajaran RI 4.0.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yang berlokasi pada SMK Negeri 6 Malang. Terdapat 2 perencanaan pembelajaran berbasis produk yakni perencanaan yang dilakukan secara internal dan perencanaan yang dilakukan secara eksternal yang dilakukan oleh guru, kepala bengkel, peserta didik dan instruktur industri. Pelaksanaan pembelajaran meliputi beberapa kegiatan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik yang meliputi pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup dan kegiatan refleksi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran berbasis produk pada mata pelajaran gambar teknik manufaktur dilakukan dengan 2 tahap, tahap pertama dilakukan oleh seorang guru dan tahap kedua dilakukan bersama-sama dengan instruktur industri

    Full Text:

    PDF

    References


    Ahmed, A., & Sayed, K. (2021). An extensive model for implementing competency?based training in technical and vocational education and training teacher training system for Assiut?Integrated Technical Education Cluster, Egypt. The Journal of Competency-Based Education, 6(2), 1–11. https://doi.org/10.1002/cbe2.1245

    Anwar, Saiful. "Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam." Jurnal Pendidikan Nusantara 1, no. 1 (2022): 62-76.

    Arikunto, Suharsimi, and Cepi Safruddin Abdul Jabar. (2010). Evaluasi Program Pendidikan; Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahapeserta Didik Dan Praktisi Pendidikan. 2nd ed. Jakarta: Bumi Aksara

    Chalkiadaki, A. (2018). A systematic literature review of 21st century skills and competencies in primary education. International Journal of Instruction, 11(3), 1-16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1131a.

    Chouhan, V. S., & Srivastava, S. (2014). Understanding Competencies and Competency Modeling ? A Literature Survey. IOSR Journal of Business and Management, 16(1), 14–22. https://doi.org/10.9790/487x-16111422

    Field, H. (1979). Competency Based Teacher Education (CBTE): A Review of the Literature. British Journal of In-Service Education, 6(1), 39–42. https://doi.org/10.1080/0305763790060109

    Gren?íková, A., Kordoš, M., & Navickas, V. (2021). The impact of industry 4.0 on education contents. Verslas : Teorija Ir Praktika, 22(1), 29-38. doi:https://doi.org/10.3846/btp.2021.13166

    Kurniawan, A., Febrianti, AN, Hardianti, T., Risan, R., Sari, DMM, Sitopu, JW, ... & Hasyim, F. (2022). Evaluasi Pembelajaran . Dapatkan Pers.

    Lapisa, R., Basri, I. Y., Arif, A., & Saputra, H. D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Auto Cad. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 119–126. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.82

    Maryanti, N., & Apriana, D. (2019). Kompetensi Siswa SMK dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 633–642.

    Meganingtyas, D. E. W., Serevina, V., Valentina, F., & Soraya, S. (2022). Development of online learning implementation plan (LIP) based entrepreneurship-based learning on static fluid material. Journal of Physics: Conference Series, 2309(1), 1–15. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2309/1/012048

    Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60–60. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13886

    Moser, D. (2017). Driving 21st century learning. R&E-SOURCE (Open Online Journal for Research and Education), Special Issue, 115-125.

    Onyshchenko, O., Shevchuk, K., Shara, Y., Koval, N., & Demchuk, O. (2022). INDUSTRY 4.0 AND ACCOUNTING: DIRECTIONS, CHALLENGES, OPPORTUNITIES. Independent Journal of Management & Production, 13(3), S161-S195. doi:https://doi.org/10.14807/ijmp.v13i3.1993

    Rasmawan, R. (2021). Pengembangan Instrumen Microteaching Berdasarkan Pembelajaran Abad Ke-21. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 31. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2348

    Rawi, I. I. M., & Karuppannan, G. (2020). 2D CAD Engineering Drawing for Industrial Design: Furniture and Products Designed by Students. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(2), 847–859. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v10-i2/7015.

    Rusdin, N. M. & Ali, & S. R. (2013). Amalan Dan Cabaran Pelaksanaan Pembelajaran Abad Ke-21. Proceedings of Islamic Civilization and Technology Management, 2013–2025. https://www.tatiuc.edu.my/assets/files/ICTM19-Papers/ICTM-09.pdf

    Romadin, A., Yoto, & Nurhadi, D. (2021). Career Identification of Production Operators ’ Position in Manufacture Industries. Jurnal Teknolohi, Kejuruan Dan Pengajaran, 44(1), 1–9.

    Sasmoko, Noerlina, Indrianti, Y., & Wahid, N. H. A. (2020). Indonesian vocational engagement (I-vocatie): A new concept in improving teacher competencies 4.0. Journal of Technical Education and Training, 12(3 Special Issue), 97–105. https://doi.org/10.30880/jtet.2020.12.03.010

    Soulisa, Irwan, et al. EVALUASI PEMBELAJARAN. Edited by Damayanti, Evi, CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2022.

    Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100.

    Sunaryo, Serevina, V., Anjani, P., & Anggraini, D. (2022). The Validity of Learning Implementation Plan of Independent Learning in Online Learning using Direct Learning Models on Thermodynamics Subject. Journal of Physics: Conference Series, 2309(1), 1–15. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2309/1/012094

    Sulistyanto, S., Mutohhari, F., Kurniawan, A., & Ratnawati, D. (2021). Kebutuhan kompetensi dalam pasar tenaga kerja di era revolusi industri 4.0 bagi siswa SMK. Jurnal Taman Vokasi, 9(1), 25-35.

    UUD RI. 2013. “No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003.” Jakarta: Sinar Grafika.

    Yang, F., & Sai, G. (2021). Industry 4.0, a revolution that requires technology and national strategies. Complex & Intelligent Systems, 7(3), 1311-1325. doi:https://doi.org/10.1007/s40747-020-00267-9

    Nadzir. (2018). PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER. Sunan Ampel Surabaya, 3(6).

    Wayan Rati, N., Kusmaryatni, N., Rediani, N., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 60–71.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v10i1.19872

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.