EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN FUNGSI PERINTAH DALAM MEMBUAT GAMBAR CAD 3D
Abstract
Proses pembelajaran SMK seharusnya mengarahkan siswa memiliki keterampilan wawasan dunia usaha atau industri salah satunya keterampilan mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur berbasis CAD namun ternyata diketahui hasil belajar siswa dibawah KKM. Penelitian bertujuan mengetahui 1)Kelayakan multimedia interaktif menurut ahli media dan materi 2)Persepsi siswa terhadap kebermanfaatan multimedia interaktif 3)Keefektifan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif data numerik rancangan one-group pretest-posttest. melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen. Populasi siswa kelas XI pemesinan SMKN1 Losarang. Sampel siswa XITP 1 dan XITP 2. Hasil pretest mean 56,99, median 56 modus 50 simpangan baku 13,93. Hasil posttest mean 81,86, median 83 modus 86 simpangan baku 7,01 terjadi peningkatan nilai posttest pengaruh multimedia interaktif siswa mudah mempraktekkan gambar CAD 3D. Simpulan 1)Pembelajaran multimedia interaktif membuat gambar CAD 3D dinilai cukup layak oleh ahli media dan dinilai layak oleh ahli materi 2)Persepsi siswa terhadap pembelajaran Multimedia interaktif membuat gambar CAD dinilai cukup bermanfaat 3)Hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia interaktif dalam membuat gambar CAD 3D dinilai efektif.
Kata kunci:Efektivitas, CAD, Multimedia interaktif.
Full Text:
PDFReferences
Fajri, S. N. dan M. Khumaedi. (2016). Penerapan Modul Pembelajaran Solidworks Untuk Meningkatkan Kompetensi Membuat Model 3D. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 16(1): 43-47
Hartoyo, H. (2009). Upaya Meningkatkan Prestasi melalui Pembelajaran dengan Modul Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1): 61-84
Patkur, M. dan T. W. Wibowo. (2013). Pengambangan Model Pembelajaran Autocad Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X TPM Di SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 1(3): 86- 96.
Riyana, C. (2012). Media pembelajaran. KEMENAG RI.
Rusman (2013). Metode-Metode Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Winola, T. (2021). the Application of Instructional Media in. Professional Journal of English Education, 4(4), 581–587
DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v10i2.21276
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.