• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PROGRAM MBKM: STUDI KASUS DI RUMPUN TEKNIK MESIN FT UNJ | Din Nugraha | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PROGRAM MBKM: STUDI KASUS DI RUMPUN TEKNIK MESIN FT UNJ

    Hari Din Nugraha

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi persepsi mahasiswa terhadap implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di rumpun Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta. Survei dilakukan untuk mengumpulkan data dari mahasiswa yang aktif dalam Program MBKM. Data tersebut kemudian dianalisis guna mengidentifikasi persepsi terkait manfaat, tantangan, dan efektivitas program ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki pemahaman yang memadai tentang MBKM dan mencari informasi melalui berbagai sumber, seperti media sosial, media massa, dan website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Program Magang/Praktik Kerja (MSIB) paling dominan, dan mayoritas mahasiswa mendapat manfaat positif dari MBKM dalam pengembangan kemampuan akademik dan pengalaman belajar. Mahasiswa juga melaporkan peningkatan kemampuan hard skill dan soft skill. Meskipun sejumlah aspek pelaksanaan program berjalan baik, temuan menunjukkan perlunya perbaikan, terutama terkait regulasi mahasiswa. Mahasiswa merasa perlu memperbaiki regulasi yang baik terkait konversi matakuliah program MBKM. Penelitian ini memberikan kontribusi pada perbaikan pengembangan lanjutan Program MBKM di perguruan tinggi.

    Full Text:

    PDF

    References


    Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

    Fitriana, R., Safitri, D. M., Yojana, R. M., Witonohadi, A., Sari, L., Aji, D., & Ningsih, Y. (2022). Analisis Keberhasilan Program Pertukaran Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti. JURNAL TEKNIK INDUSTRI, 12(1), 21-29.

    Fuadi, Tuti Marjan, and Dian Aswita. 2021. “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan Dan Kendala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh.” Jurnal Dedikasi Pendidikan” 5 (2): 603–14.

    Mulyana, M., Wahyudin, Y., Lesmana, D., Muarif, M., & Mumpuni, F. S. (2022). Evaluasi Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Bidang Studi Akuakultur. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1551-1564.

    Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.

    Supriati, R., Dewi, E. R., Supriyanti, D., & Azizah, N. (2022). Implementation Framework for Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) in Higher Education Academic Activities. IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation (ITSDI), 3(2), 150-161.

    Nursalim, M. (2023, January). Implications of MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) on Teacher and Non-teacher Program. In Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022) (pp. 448-454). Atlantis Press.

    Wardhani, G. A. P. K., Susanty, D., Oksari, A. A., Nurhayati, L., Nuranzani, A., & Faridha, F. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Di Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(1), 53-59.

    R. Ariyanti and M. T. Hidayat, “ELSE (Elementary School Education GURU SD,” vol. 7, no. 1, pp. 15–18, 2023.

    V. P. S. Eriska and R. Mukhaiyar, “Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Kuliah Rangkaian Listrik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 3, no. 1, pp. 34–38, 2022, doi: 10.24036/jpte.v3i1.157.

    Wulandari, N. Dantes, and P. A. Antara, “Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa [Open Ended-Based Realistic Mathematics Education Approach to Students’ Mathematical Problem Solving Ability],” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 131–142, 2020.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v10i2.22627

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.