DESAIN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS TEAM BASED PROJECT LEARNING BERMUATAN MULTIMEDIA
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar elektronik yang berbasis Team Based Project Learning bermuatan multimedia yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan bahan ajar elektronik tersebut adalah Flipbuilder. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Setelah bahan ajar elektronik tersebut disusun, selanjutnya dilakukan uji kelayakan dengan validasi oleh ahli materi dan ahli media, kemudian dilanjutkan dengan uji coba terbatas terhadap mahasiswa. Setelah dinilai layak untuk digunakan dalam pembelajaran, selanjutnya akan diukur efektifitas penggunaannya melalui tes yang dilakukan terhadap mahasiswa yang menerima atau menggunakan bahan ajar elektronik hasil pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar elektronik berbasis team based project bermuatan multimedia pada kompetensi membubut ulir telah dilaksanakan dengan baik. Hasil revisi dari para ahli telah diaplikasikan ke dalam bahan ajar elektronik yang dibuat sehingga dapat digunakan dengan baik oleh mahasiswa. Selain itu bahan ajar elektronik juga terbukti sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan N-gain yang memperoleh nilai 0,72 atau berada pada kriteria tinggi/ sangat efektif.
References
Abdurahimovna, Umarova Fotima. 2020. Advantages of Using Electronic Learning Resources in The Educational Process. European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences, 8 (8), 31-36.
Degeng, I N.S. 2013. Ilmu pembelajaran: Klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan penelitian. Bandung: Kalam Hidup dan Aras Media.
Fry, H., Ketteridge, S., & Marshall, S. 2014. A handbook for teaching and Learning in higher education: Enhancing academic practice, 4th edition. London: Roudledge.
Hake, Richard R. 1998. Interactive-Engagement Methods in Introductory Mechanics Courses, (Online), (https://web.archive.org/web/20060607150837/http://www.physics.indiana.edu/~sdi/IEM-2b.pdf, diunduh 30 Agustus 2023).
Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati, L. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1).
Idris, I., Fajrillah, Novarika Ak, W. Hastalona, D. Syarifudin Yahya, A., dan Marikena, N. 2020. Designing of Integrated Information System (IIS) Scheme for Private Higher Education in Indonesia: A Strategic Plan. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1003 (1), 0-10. https://doi.org/10.1088/1757-899X/ 1003/1/012151.
Indrawijaya, S., dan Siregar, A. P. 2022. Peningkatan Kreativitas melalui Penerapan Pembelajaran Team Based Project pada Mata Kuliah Desain Komunikasi Visual. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12 (1), 268–273
Kemendikbud. 2013. Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Jakarta: Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Li, J. Y., & Shieh, C. J. 2016. A study on the effects of multiple goal orientation on Learning motivation and Learning behaviors. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(1), 161–172. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1221a
Misbah, dkk. 2017. Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala Untuk Melatih Karakter Sanggam. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. Volume. 5 Nomor. 3 Oktober.
Nida, R., M., A. S., & Haryandi, S. 2021. Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis multimodel pada materi alat-alat optik untuk melatihkan kemampuan analisis peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5 (2), 107-122.
Reigeluth, C.M. & Carr-Cheliman, A.A. 2009. Theories for different outcomes of instruction. Instructional-design theories and models: building a common knowledge base, Vol. 3 (pp. 195-197), New York: Routledge.
Risdianto, E., 2017, Teknik Membuat Bahan Ajar Sendiri, Bahan Ajar Elektronik dengan Open Sancore, Camtasia Studio, dan Youtube Bengkulu: Vanda.
Siyam, Nur. 2021. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Metode Team Based Project dengan pendekatan Active Learning pada Mata Kuliah Dasar Epidemiologi. Jurnal Profesi Keguruan, vol. 7 (2).
Sulistyarini, E., 2015, Pengembangan bahan ajar fisika SMA materi gelombang bunyi berbasis interactive PDF, Skripsi, Tidak Diterbitkan, UNNES.
Tekad, dan Pebriana, R. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Team-Based Project terhadap Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7 (2), 134–141.
Widoyoko, S.Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wijaya, K., Sutrisno, Yuzni, S. Z., Siregar, S., dan Sitompul, H. 2021. Assessment of Learning Domains in Material Technology Courses Using Product Oriented Module in Vocational Education. Proceedings of the 6th UPI International Conference on TVET 2020 (TVET 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210203.094.
Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Lampung: Anugrah Utama Raharja.
DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v10i2.23093
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.