PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN DIRECT INSTRUCTION DI SMKN 2 PALEMBANG

Fenny Fitrianti Budi Lastuti, Harlin Harlin, Darlius Darlius

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara model Problem Based Instruction (PBI) dengan Direct Instruction (DI) di kelas XI TKR SMK Negeri 2 Palembang. Penelitian dilaksanakan di SMKN 2 Palembang kelas XI. Desain yang digunakan di penelitian adalah pre-experimental design dengan metode intact grup comparison design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa kelas eksperimen 1  menggunakan model Problem Based Instruction dan 20 siswa kelas eksperimen 2 menggunakan model Direct Instruction. Pengumpulan data dengan observasi dan tes akhir. Nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 1 yaitu 84,9 dan kelas eksperimen 2 yaitu 66,7. Perhitungan hipotesis menggunakan uji separated varians dan  diperoleh  sebesar 3,422 pada taraf signifikan 0,05 dan  sebesar 2,204. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis menunjukkan  sehingga  ditolak dan  diterima. Hal ini membuktikan bahwa adanya perbandingan penggunaan model Problem Based Instruction dengan Direct Instruction di kelas XI TKR SMK Negeri 2 Palembang.

 

Kata kunci:Problem Based Instruction, Direct Instruction, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v5i1.5325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.