PENGARUH PERUBAHAN SUDUT PRIMARY PULLEY TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH AUTOMATIC TRANSMISSION

Rionaldi Ari Wibawa, Darlius Darlius, Zulherman Zulherman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan daya dan torsi pada sepeda motor matic dengan mengubah sudut kemiringan primary pulley standar 14° menjadi 13°. Metode penelitian eksperimen dimana metode eksperimen ini digunakan untuk mencari sebab akibat, penelitian ini di lakukan di bengkel otomotif MVK Bandar Lampung dengan menggunakan alat dynotest selama 1 minggu. Subjek penelitian ini adalah daya dan torsi, objek penelitian ini adalah motor matic honda beat fi 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumen hasil pengujian motor sebanyak 3 kali dengan alat dynotest. Hasil yang didapatkan penggunaan primary pulley 13° cocok digunakan pada jalan perbukitan karena daya dan torsi yang di hasilkan lebih bagus sedangkan primary pulley 14° cocok digunakan di jalan perkotaan karena akselerasi nya diperlukan di jalan perkotaan.

Kata Kunci: primary pulley, daya, torsi, dynotest

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v5i1.5328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.