PENGARUH PERUBAHAN SUDUT PRIMARY PULLEY TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH AUTOMATIC TRANSMISSION
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan daya dan torsi pada sepeda motor matic dengan mengubah sudut kemiringan primary pulley standar 14° menjadi 13°. Metode penelitian eksperimen dimana metode eksperimen ini digunakan untuk mencari sebab akibat, penelitian ini di lakukan di bengkel otomotif MVK Bandar Lampung dengan menggunakan alat dynotest selama 1 minggu. Subjek penelitian ini adalah daya dan torsi, objek penelitian ini adalah motor matic honda beat fi 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumen hasil pengujian motor sebanyak 3 kali dengan alat dynotest. Hasil yang didapatkan penggunaan primary pulley 13° cocok digunakan pada jalan perbukitan karena daya dan torsi yang di hasilkan lebih bagus sedangkan primary pulley 14° cocok digunakan di jalan perkotaan karena akselerasi nya diperlukan di jalan perkotaan.
Kata Kunci: primary pulley, daya, torsi, dynotestFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v5i1.5328
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.