PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL SFAE DENGAN CIRC KELAS X TKR SMKN 1 INDRALAYA UTARA

Volla Nurya Parucha, Harlin Harlin, Imam Syofii

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model SFAE (Student Facilitator and Explaining) dengan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif kompetensi proses dasar pembentukan logam di SMKN 1 Indralaya Utara. Metode penelitian ini adalah quasy eksperimen. Jumlah populasi seluruh siwa kelas X TKR SMKN 1 Indralaya Utara tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 75 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, berupa hasil dan aktivitas belajar siswa. Hasil analisis data tes menggunakan uji-t menunjukkan thitung sebesar 0,99 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01 maka hasilnya menerima Ho atau tidak ada perbedaan hasil belajar. Berdasarkan analisis keaktifan siswa kelas X TKR 2 menggunakan model SFAE pertemuan pertama sebesar 59,90%, pertemuan kedua menjadi 77,08%. Sedangkan keaktifan siswa kelas X TKR 1 menggunakan model CIRC pertemuan pertama sebesar 63,46%, pertemuan kedua menjadi 74,04% berdasarkan kriteria pengkategorian dapat dikatakan bahwa keaktifan kedua kelas tergolong aktif.

Kata kunci: hasil belajar model pembelajaran SFAE (Student Facilitator and Explaining) model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v5i1.5332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.